Presiden AS Rayu Jepang agar Beli Produk Pertanian AS

Presiden AS Rayu Jepang agar Beli Produk Pertanian AS
Perdana menteri Jepang Shinzo Abe menyambut kedatangan presiden Amerika Serikat Donald Trump saat pertemuan bilateral disela KTT G20 di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/pras.

Kepri, Forumpublik.com -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump merayu Jepang untuk membeli produk pertanian mereka dalam jumlah besar. Permintaan itu disampaikan langsung oleh Trump kepada Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Permintaan dilakukan di tengah peningkatan ketegangan perang dagang antara AS dan China. Mengutip Reuters Selasa (13/8), Trump secara spesifik menyebut produk kedelai dan gandum sebagai produk pertanian yang ditawarkan ke Jepang.

Atas permintaan itu, Jepang mengaku akan mempertimbangkannya.

Sebelumnya, dua negara telah membuat kesepakatan untuk memperluas perdagangan bilateral pada September silam. Kesepakatan itu, menjembatani perbedaan pendapat terkait tarif impor daging sapi dan otomotif antar dua negara.

Namun, tawaran pembelian produk pertanian itu terpisah dari kesepakatan dagang sebelumnya.

Sebagai informasi, ketegangan dagang antara AS dengan China sampai saat ini masih belum menunjukkan tanda akan berakhir. Bahkan ketegangan saat ini makin menjadi.

Peningkatan ketegangan dipicu oleh rencana Trump yang akan mengenakan tarif 10 persen atas impor senilai US$300 miliar asal China. Rencana tersebut dibalas China.

Salah satu pembalasan dilakukan dengan memutuskan untuk menghentikan pembelian produk pertanian asal AS. Kementerian Perdagangan China telah mengonfirmasi keputusan penghentian pembelian produk pertanian AS itu.

Lihat juga:
Thailand untuk Pertama Kali Distribusikan Minyak Ganja Medis
Kepala Staf Presiden Ukraina Ingin Mundur, Baru Dua Bulan Bekerja
Luhut : Anggota Kongres AS Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Ahli Arkeologi Galilea Temukan Gereja Purba Para Rasul Dekat Laut Galilea
NASA Temukan Tiga Planet Baru Dua Kali Lebih Besar dari Bumi


(Reuters/S Ar)
loading...

0 komentar:

Post a comment