Bawaslu Tanjungpinang dapat Pujian Kreatifitas dan Inisiatif dari Bawaslu RI

 Bawaslu Tanjungpinang dapat Pujian Kreatifitas dan Inisiatif dari Bawaslu RI
Ilustrasi. Kantor Bawaslu RI di Jakarta - (Foto: nt)

Tanjungpinang (Kepri) -- Forumpublik.com | Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) memuji kreatifitas dan inisiatif Bawaslu Kota Tanjungpinang dalam meningkatkan pengawasan pilkada.

Komisioner Bawaslu RI Ratna Dewi Tettalolo saat meresmikan Sentra Gakkumdu dan Balai Pengawasan di Kantor Bawaslu Tanjungpinang, Rabu, mengatakan, Bawaslu Tanjungpinang menggunakan kearifan lokal untuk meningkatkan pengawasan pilkada.

"Apa yang dilakukan Bawaslu Tanjungpinang luar biasa. Pendekatan kearifan lokal merupakan ide dan gagasan cemerlang, yang patut diikuti oleh daerah lainnya," ujarnya, yang mengenakan pakaian adat tudung mantu.

Ratna juga memuji buku yang berisi pantun pengawasan pemilu karya Bawaslu Tanjungpinang. Buku tersebut unik, dan belum pernah ada selama pelaksanaan pemilu.

Baca juga:

Buku tersebut menarik sehingga kerap dibacanya.

"Ini negeri melayu kaya akan adat istiadat dan tradisi yang baik seperti pantun dan berbalas pantun. Dari pantun ini pula dapat menumbuhkan semangat bersama untuk mengawasi pemilu," katanya.

Ratna juga memuji penamaan Balai Pengawasan Bawaslu Tanjungpinang. Balai merupakan pengganti dari kata pojok. Perubahan kata itu disesuaikan dengan bahasa yang digunakan di Tanjungpinang.

Selain itu, ia juga memberi apresiasi kepada Bawaslu Tanjungpinang yang melibatkan tokoh melayu yang juga pengurus Lembaga Adat Melayu Tanjungpinang. Pelibatan tokoh adat dalam pengawasan sangat dibutuhkan untuk mencapai keadilan pilkada.

"Kami mendorong Bawaslu provinsi, kabupaten dan kota untuk terus meningkatkan komunikasi dan pertemuan dengan tokoh lintas agama dan tokoh adat untuk meningkatkan pengawasan pilkada," tuturnya.

Lihat juga:

Asikk1/Kominfo.Kepriprov
Editor: Manto

loading...

0 komentar:

Post a comment