Penanganan Covid-19, Singapura Bantu 4 Thermal Scanner Untuk Batam

Penanganan Covid-19, Singapura Bantu 4 Thermal Scanner Untuk Batam
Empat unit thermal scanner atau pemindai suhu tubuh diserahkan kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas I Batam. Penyerahan bantuan dilaksanakan di Dataran Engku Putri Batam Centre, Selasa (24/3). (Foto: Media Center Batam/Forumpublik.com)

Batam
(Kepri) -- Forumpublik.com |
Kota Batam kembali menerima bantuan dari Singapura untuk penanganan corona virus disease (covid-19).

Empat unit thermal scanner atau pemindai suhu tubuh diserahkan kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas I Batam. Penyerahan bantuan dilaksanakan di Dataran Engku Putri Batam Centre, Selasa (24/320).

“KKP Klas I Batam mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Batam yang telah memfasilitasi, ikut membantu proses bantuan dari pemerintah Singapura. Bantuan ini diberikan kepada masyarakat Batam tapi pengoperasionalnya melalui KKP,” kata Kepala KKP Klas I Batam, Achmad Farchanny.

Terkait bantuan ini, KKP sudah melaporkan kepada Menteri Dalam Negeri. Laporan disampaikan bahwa alat telah diterima dengan selamat dan lancar. Bahkan satu di antaranya sudah terpasang di salah satu pelabuhan internasional.

“Kita sudah mengoperasikan thermal scanner di semua pelabuhan internasional dan bandara, kita pasang di pintu kedatangan. Di pintu keberangkatan belum ada. Dan alat bantuan ini akan dipasang di pintu keberangkatan pelabuhan internasional Batam Centre, Harbour Bay, Nongsa, Sekupang. Jadi saat warga akan berangkat ke Singapura, akan diawasi dengan thermal scanner. Mudah-mudahan bisa menjaga kesehatan Indonesia khusus Kota Batam dan masyarakat Singapura,” paparnya.

Farchanny mengatakan saat ini Batam juga masih membutuhkan bantuan lain untuk penanganan Covid-19. Satu di antara yang mendesak adalah test kit atau perlengkapan tes virus.

Hal ini dibenarkan Konsul Jenderal Singapura di Batam, Mark Low. Beberapa waktu lalu Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi juga sudah menyampaikan tentang permintaan bantuan test kit ini.

“Saya sudah laporkan ke Singapura. Mudah-mudahan secepatnya bisa dapat berita yang baik. Nanti akan saya beri tahu kalau Singapura sudah siap beri bantuan untuk Kota Batam,” tutur Mark Low.

Menurutnya Pemerintah Singapura masih berkomitmen bersama Pemerintah Kota Batam berjuang untuk menyelesaikan Covid-19. Sama seperti Batam, Singapura juga berharap krisis ini segera berakhir.

“Kalau ini sudah tenang, kita bisa maju lagi untuk kerja sama di sektor lainnya. Sehingga ekonomi bisa cepat sembuh. Dan pertukaran orang yang sekarang tertahan bisa jalan lagi,” ujarnya.

Baca juga:

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan Batam mengucapkan terima kasih kepada Singapura.

“Pemko dan KKP mengucapkan terima kasih kepada sahabat kita Singapura khususnya Kementerian Kesehatan Singapura. Alat thermal scanner ini akan sangat membantu kami di daerah dalam upaya mencegah dan meminimalisir Covid-19,” ujar Amsakar.

Sama seperti pihak lainnya, Pemko Batam juga berharap bantuan berikutnya bisa segera diterima. Agar persoalan ini dapat semakin cepat dituntaskan. Sehingga hubungan antara Singapura dan Batam akan berjalan baik kembali.

“Mudah-mudajan dalam waktu tak terlalu lama kami dapat berita bahagia sehingga upaya kita untuk menyelesaikan persoalan ini semakin cepat tuntasnya. Dan hubungan antara Singapura-Batam akan berjalan baik kembali sehingga aktivitas ekonomi bergerak,” tuturnya.

Lihat juga:

(Media Center Batam)
Editor: Manto

loading...

0 komentar:

Post a comment