Pengaruh Suhu Panas dan Angin Kencang, Potensi Hujan di Bintan Masih Minim

Pengaruh Suhu Panas dan Angin Kencang, Potensi Hujan di Bintan Masih Minim
Ilustrasi: Kantor Pusat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jl. Angkasa I, No.2 Kemayoran, Jakarta. (Foto: Lensa Indonesia)

Bintan (Kepri) - Forumpublik.com | Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprediksi hujan di Pulau Bintan baru akan terjadi pada pekan depan.

Pengamatan BMKG, cuaca panas masih akan berlangsung hingga sepekan mendatang, dengan suhu udara berkisar antara 24 hingga 32 derajat celcius.

Vivi Putrima Ardha, Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Rabu (4/3/2020) siang menyampaikan, hujan dimungkinkan baru akan berlangsung pada Kamis sore (pekan depan).

"Tapi itu pun bersifat ringan dan lokal," ungkapnya.

Dia menjelaskan, minimnya curah hujan di sebagian besar wilayah Kepulauan Riau disebabkan adanya penarikan masa udara di Selatan (Jawa).

"Makanya sebagian besar di wilayah Pulau Jawa saat ini cenderung hujan," jelasnya lagi.

Baca juga:

Selain itu, minimnya curah hujan juga disebabkan cukup kencangnya hembusan angin yang memecah awan berpotensi mengakibatkan hujan. Pengamatan BMKG Tanjungpinang, angin saat berhembus antara 8 hingga 38 km/jam.

Kendati demikian, kecepatan angin sudah tidak terlalu memengaruhi ketinggian gelombang. Ketinggian gelombang di sebagian besar perairan Kepulauan Riau tergolong normal.

Di Natuna dan Anambas, ketinggian gelombang maksimal 2 meter, Bintan maksimal 1 meter, Lingga maksimal 1,3 meter, serta Batam dan Karimun maksimal 0,8 meter.

Lihat juga:

Asikk3/Kominfo.Kepriprov
Editor: Manto

loading...

0 komentar:

Post a comment