FSPSIR Desak Pemerintah Bantu 1312 Pekerja yang Dirumahkan

FSPSIR Desak Pemerintah Bantu 1312 Pekerja yang Dirumahkan
Ilustrasi. Sejumlah pekerja pabrik berjalan di luar area pabrik saat jam istirahat di Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (7/4/2020). (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp)

Tanjungpinang (Kepri) - Forumpublik.com | Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Reformasi (FSPSIR) mendesak pemerintah pusat dan daerah membantu 1312 pekerja di Kota Tanjungpinang yang dirumahkan akibat pandemi Covid-19.

Ketua FSPSIR Tanjungpinang, Cholderia Sitinjak, di Tanjungpinang, Rabu(6/5/20), mengatakan, sebanyak 88 pekerja yang diberhentikan juga membutuhkan bantuan dari pemerintah.

"Dari data yang kami terima, ada 1400 orang warga Tanjungpinang yang baru dirumahkan dan di-PHK belum tersentuh bantuan dari pemerintah pusat dan daerah," ujarnya.

Cholderia mengaku data pekerja yang dirumahkan dan di-PHK tersebut sudah disalurkan ke Dinas Tenaga Kerja Tanjungpinang sejak 16 April 2020.

Disnaker Tanjungpinang akan ditindaklanjuti ke Dinas Sosial Tanjungpinang agar pekerja yang terdampak pandemi Covid-19 mendapatkan bantuan.

Namun sampai sekarang belum ditindaklanjuti. Padahal Cholderia sudah berupaya untuk mendorong pihak terkait memperhatikan permasalahan itu melalui berbagai cara.

"Cara resmi, cara nonformal, bahkan teriak-teriak di media sosial pun sudah saya lakukan, tetapi belum ditindaklanjuti," ujarnya.

Baca juga: Penambahan 2 Terkonfirmasi Pasien Positif Covid-19 di RSUD Embung Fatimah

Pekerja yang sekarang berstatus sebagai pengangguran itu tidak hanya kesulitan menghidupkan dirinya sendiri, melainkan juga keluarganya.

Mereka setiap hari menunggu bantuan dari pemerintah apakah dalam bentuk uang tunai maupun sembako.

"Mereka hanya jadi penonton, menyaksikan bantuan yang diberikan kepada masyarakat, padahal mereka membutuhkan bantuan tersebut," tuturnya.

Ia mendesak Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma segera memenuhi hak masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Bantuan yang diberikan sangat berarti untuk menyambung hidup mereka dan keluarganya.

"Saya berharap bantuan yang diberikan tepat sasaran, efektif dan bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu," ucapnya.

Lihat juga:

kominfo.kepriprov/Asikk1
Editor: Manto

loading...

0 komentar:

Post a comment