Gugus Tugas Covid-19 Kepri Himbau Warga untuk Gunakan Masker dan Jaga Jarak

Gugus Tugas Covid-19 Kepri Himbau Warga untuk Gunakan Masker dan Jaga Jarak
Ilustrasi. Sebuah keluarga dengan ibu dan anak-anak mengenakan masker di tengah wabah koronavirus. Penutup wajah darurat menghentikan Anda dari menularkan virus jika Anda terinfeksi (Foto: dailymail)

TANJUNGPINANG (KEPRI) - Forumpublik.com | Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker dan jaga jarak saat berinteraksi.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana, di Tanjungpinang, Selasa (30/6), masyarakat seharusnya semakin waspada ketika kebijakan normal baru atau adaptasi kebiasaan baru diterapkan.

"Bukan malah sebaliknya. Masih banyak kami temukan orang tidak menggunakan masker dan duduk berdekatan. Ini paling banyak ditemukan di rumah makan dan kedai kopi," kata Tjetjep.

Ia menegaskan kondisi Kepri, kecuali Natuna, Anambas dan Lingga, belum terbebas dari COVID-19.

Karena itu, masyarakat Kabupaten Bintan, Tanjungpinang, Batam dan Karimun harus tetap meningkatkan kewaspadaan dengan cara menaati protokol kesehatan agar tidak tertular COVID-19.

"Virus itu tidak bergerak sendiri, melainkan dibawa oleh orang," tegas Tjetjep.

Orang-orang yang tertular COVID-19 dalam berbagai kasus merupakan orang tanpa gejala (OTG). OTG COVID-19 yang belum menyadari bahwa dalam dirinya terdapat COVID-19 beraktivitas seperti biasa, dan potensial menularkan virus itu kepada orang lain.

Baca juga: ACT Kepri Lakukan Aksi Solidaritas Bantu Etnis Rohingya di Aceh Utara

Karena itu, menurut dia menggunakan masker harus menjadi kebiasaan saat beraktivitas. Kelengahan setiap orang hanya akan membuahkan penyesalan.

"Kondisi Kepri secara umum memang membaik, namun tetap harus waspada, jangan sampai muncul kasus baru," ujarnya.

Tjetjep mengemukakan masyarakat dapat melakukan aktivitas, namun tetap harus menaati protokol kesehatan. Masyarakat juga sebaiknya hindari tempat kerumunan massa.

"Kalau tidak ada hal yang penting, sebaiknya tetap di rumah," imbaunya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepri, jumlah pasien positif COVID-19 hari ini sebanyak 293 orang, tidak ada penambahan.

Pasien positif COVID-19 yang dikarantina sebanyak 32 orang, sedangkan yang dirawat lima orang.

Sementara jumlah pasien yang sembuh 240 orang, sama seperti kondisi sehari sebelumnya. Pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia mencapai 16 orang.

Sedangan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 915 orang, bertambah 10 orang. Sebanyak 778 orang di antaranya sudah selesai diawasi.

Orang dalam pemantauan mencapai 7170 orang, bertambah 6 orang. Sebanyak 3871 orang sudah selesai diawasi.

Orang tanpa gejala (OTG) mencapai 8461 orang, bertambah 38 orang. Sebanyak 8128 orang di antaranya sudah selesai diawasi.(***)

Lihat juga:

Editor : Manto

loading...

0 komentar:

Post a comment