Ahli Arkeologi Galilea Temukan Gereja Purba Para Rasul Dekat Laut Galilea

Ahli Arkeologi Galilea Temukan Gereja Purba Para Rasul Dekat Laut Galilea
Ilustrasi. (REUTERS/Douglas Juarez)

Forumpublik.com --
Tim arkeolog Amerika Serikat dan Israel telah menemukan gereja purba para rasul di dekat Laut Galilea Israel. Gereja purba ini diduga dibangun di atas rumah para murid Yesus yakni Petrus dan Andreas.

Dilansir dari Fox News, para ahli dari Institut Kinneret Arkeologi Galilea di Kinneret College Israel dan Nyack College di New York telah menggali situs el-Araj di pantai utara Danau Galilea.

Para arkeolog percaya bahwa el-Araj adalah situs desa nelayan kuno Yahudi di Bethsaida, yang kemudian menjadi kota Romawi Julias.

Steven Notley dari Nyack College mengatakan kepada Fox News bahwa penggalian sebelumnya di situs tersebut telah menemukan bukti keberadaan gereja. Temuan seperti potongan marmer dan balok-balok kaca kecil berwarna emas yang digunakan di dinding gereja berornamen mosaik.

"Penemuan ini sudah memberi tahu kami bahwa gereja sedang menunggu untuk ditemukan di suatu tempat di dekatnya," papar Notley dalam email.

Mengikuti petunjuk, para arkeolog menemukan lantai mosaik gereja.

"Selalu luar biasa untuk menghadirkan lantai yang didekorasi dengan indah ini setelah dikubur selama hampir 1500 tahun," jelas Notley.

"Penemuan gereja memperkuat posisi kami bahwa el-Araj harus dianggap sebagai kandidat utama untuk Perjanjian Baru Bethsaida-Julias," tambahnya.

Sebuah pemandian Romawi yang ditemukan di el-Araj pada tahun 2017 memberikan gambaran penting tentang urbanisasi kuno di daerah itu.

Mordechai Aviam dari Kinneret Academic College memilih sebuah situs lebih dari 100 meter dari situs penggalian utama untuk penggalian berikutnya. Penggalian itu menemukan rumah dan tembikar zaman Romawi, yang menunjukkan keberadaan kota kecil.

Para ahli yakin bahwa musim penggalian berikutnya di el-Araj akan mengungkapkan lebih banyak rahasia situs kuno dan berencana untuk sepenuhnya menggali gereja Bizantium.

"Kami hanya menggali sepertiga dari gereja, sedikit kurang, tetapi kami memiliki gereja dan itu sudah pasti," kata Aviam kepada AFP.

"Antara Kapernaum dan Kursi hanya ada satu tempat di mana sebuah gereja digambarkan oleh pengunjung pada abad ke delapan dan kami menemukannya, jadi ini adalah satu," tambah Aviam.

Notley menambahkan, penggalian telah menemukan beberapa kamar di selatan gereja. Pencitraan elektromagnetik juga menunjukkan bahwa ada lebih banyak bangunan dan struktur yang akan digali di el-Araj.

"Pada akhir musim depan, kami berharap dapat menerbitkan laporan pendahuluan tentang lima musim pertama kami dan pasti menjawab pertanyaan tentang lokasi Perjanjian Baru Bethsaida-Julias," jelas Notley.

Gereja Bizantium Masa Perjanjian Baru

Gereja Bizantium telah disebutkan oleh para peziarah Kristen awal, terutama uskup Bavaria dan Santo Willibald pada 725 Masehi.

"[Willibald] menyatakan bahwa gereja itu di Betsaida dibangun di atas rumah Petrus dan Andreas, di antara murid-murid Yesus yang pertama," ungkapnya.

Notley menambahkan bahwa penemuan gereja itu penting karena dua alasan.

"Pertama, sampai penemuannya baru-baru ini, banyak sarjana mempertanyakan keberadaannya. Meskipun disebutkan dalam rencana perjalanan ziarah Bizantium, banyak yang mengira laporan ini salah," jelasnya.


"Sama pentingnya, gereja menunjukkan bahwa ada ingatan yang hidup di komunitas Kristen tentang lokasi Betsaida, rumah Petrus, Andreas dan Filipus."

Sejarawan Yahudi Josephus Flavius mengungkap Julius, kota Romawi lahir dari desa nelayan Yahudi selama abad pertama setelah masehi.

Menurut Perjanjian Baru, Betsaida digambarkan sebagai rumah rasul Yesus, Petrus, Andreas dan Filipus. Yesus juga menyembuhkan orang buta di Betsaida yang digambarkan lokasi terdekat untuk memberi makan lima ribu orang.

Sementara situs itu tampaknya telah dihuni selama sekitar dua abad selama abad ke-4 dan ke-5 Masehi. Menurut Notley, Komunitas Kristen setempat masih ingat di mana desa Perjanjian Baru telah ditemukan.

Aviam yakin bahwa ia dan tim internasional, dengan profesor R. Steven Notley dari Nyack College New York City sebagai direktur akademik, sedang menggali di tempat yang tepat.

"Kami memiliki desa Romawi, di desa kami memiliki tembikar, koin, juga bejana batu yang merupakan ciri khas kehidupan Yahudi abad pertama, jadi sekarang kami memperkuat saran dan identifikasi kami bahwa El-Araj adalah kandidat Betsaida yang jauh lebih baik daripada e- Katakan, "katanya.

"Telah digali selama 32 tahun terakhir. Kami mulai menggali dua tahun lalu karena kami pikir itu yang lebih baik dan sekarang kami memiliki buktinya." 


0 comments:

Post a Comment