Dalam Rangka Pencarian Dan Penyelamatan di Laut, Danlantamal IV Buka Latihan TFG

Dalam Rangka Pencarian Dan Penyelamatan di Laut, Danlantamal IV Buka Latihan TFG
Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., saat membuka latihan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka Latihan Pencarian Dan Penyelamatan (SAR) Di Laut Tahun 2019 di Gedung Serba Guna (GSG) Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No 1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Kamis (24/10/19). (Photo: Dispen Lantamal IV Tanjungpinang/Forumpublik.com)

Tanjungpinang (Kepri), Forumpublik.com -- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., membuka latihan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka Latihan Pencarian Dan Penyelamatan (SAR) Di Laut Tahun 2019 di Gedung Serba Guna (GSG) Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No 1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Kamis (24/10/19).

Tujuan dari latihan TGF adalah untuk mematang rencana operasi yang telah disusun dengan baik sehingga seluruh peserta latihan mendapat gambaran kejadian sesungguhnya.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan latihan yang diselenggarakan oleh Lantamal IV, dimana sebelumnya di tempat yang sama pada tanggal 22 Oktober 2019 telah dilaksanakan pembekalan kepada perserta latihan, kemudian pada tanggal 23 Oktober 2019, telah dilaksanakan Latihan Pos Komando (Lat Posko).

Perserta yang mengikuti latihan terdiri dari unsur laut dan udara dari TNI Angkatan Laut yaitu 1 unsur KRI dari Satuan Kapal Cepat Komando Armada ( Satkat Koarmada) I, 1 unsur KRI dari Satuan Patroli (Satrol) Lantamal IV, 2 unsur KAL dari Satrol Lantamal IV, 3 Patkamla Satrol Lantamal IV, 1 Sea Raider Satrol Lantamal IV, 2 sekoci karet Satrol Lantamal IV.

Kemudian 1 Tim Komando Pasuka Katak (Kopaska Koarmada) I, 1 Tim dari Dinas Selam Bawah Air (Dislambair Koarmada) I, serta 2 unsur Udara dari Wing Udara 1 Hely dan Pesawat Udara.

Masih di unsur TNI Angkatan Laut yaitu Unsur Pangkalan terdiri dari 1 SST dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV, 1 unit intel Lantamal IV, 1 Tim Polisi Militer (Pomal) Lantamal IV, 1 Tim Dinas Penerangan (Dispen) Lantamal IV.

Kemudian 1 unit Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal IV, 1 Tim Balai Kesehatan (BK) Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Mentigi serta 1 unit dari Rumah Sakit TNI Angkatan Laut ( Rumkital) dr. Midiato Suratani.

Selanjutnya unsur Non TNI Angkatan Laut terdiri dari KM Baruna Jaya ( Oceana), 1 unit Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) Kantor Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Tanjungpinang, 1 unit RHIB Kantor KPLP Tanjung Uban dan 1 unit RHIB Satpolair Polres Bintan.

Lalu terakhir 1 Regu dari Koramil, 1 Tim kesehatan dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Raja Haji Fisabilillah ( Lanud RHF), 1 Tim DVI Polda Kepri, 1 unit Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Uban dan 1 unit Rumah Sakit Umum DareaH ( RSUD) Kabupaten Bintan.

Baca juga: Sertijab Kadiskum Lantamal IV dari Muchlis Kepada Arsyad Abdullah

Dalam Rangka Pencarian Dan Penyelamatan di Laut, Danlantamal IV Buka Latihan TFG

Dalam sambutannya Danlantamal IV mengatakan bahwa “Agar seluruh perserta latihan benar-benar tahu apa yang harus dikerjakan baik cara bertindak dan cara menggunakan peralatannya yang diwakinnya”, ujarnya

Lebih jauh dikatakan bahwa “Setiap pelaku harus dapat memecahkan setiap persoalan yang diberikan oleh pengendali latiahan sehingga pelaksanaan TFG dapt berjalan seperti benar-benar terjadi”, ungkapnya.

"Saya berharap pelaksanaan TFG hari dapat berjalan dengan baik, laksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, sehingga nanti saat pada pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan rencan," pungkasnya.

Sebagai informasi latihan tersebut akan diselenggarakan di perairan Selat Riau dan di Dermaga TNI Angkatan Laut Mentigi Tanjung Uban Bintan Kepulauan Riau dalam waktu dekat.

Hadir dalam acara tersebut Asops Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Edward Halomoan Sibuea, S.T., M.M., Dansatrol Lantamal IV Kolonel Laut (P) H. Wijaya Sinaga, S.E., Kasatkom Lantamal IV Letkol Laut (E) Erwin Reza, Amd, Kadiskes Lantamal IV Letkol Laut (K) Suryatno, S.Kep.Ns., M. Tr.Opsla., Kadispen Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay, Kadissyahal Lantamal IV Mayor Laut (P) Nawan Joko Prihasto, serta seluruh perserta Latihan Pencarian Dan Penyelamatan (SAR) Di Laut Tahun 2019.

Dalam Rangka Pencarian Dan Penyelamatan di Laut, Danlantamal IV Buka Latihan TFG

Lihat juga:

Dispen Lantamal IV Tanjungpinang
Editor: Sugiarto

loading...

0 komentar:

Post a comment