Kelompok Tujuh (G7) Negara Maju Sepakat Targetkan Pajak 15 Persen dari Raksasa Teknologi

Kelompok Tujuh (G7) Negara Maju Sepakat Targetkan Pajak 15 Persen dari Raksasa Teknologi
Komisioner Ekonomi Uni Eropa Paolo Gentiloni, Presiden Eurogroup Paschal Donohoe, Presiden Bank Dunia David Malpass, Menteri Keuangan Italia Daniele Franco, Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire, Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland, Kanselir Inggris dari Kanselir Exchequer Rishi Sunak, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz, Menteri Keuangan AS Janet Yellen, Sekretaris Jenderal Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) Mathias Cormann, Menteri Keuangan Jepang Taro Aso berpose untuk foto keluarga selama pertemuan menteri keuangan G7 di Lancaster House di London, Inggris, 5 Juni 2021. (Foto: REUTERS/Henry Nicholls/Pool)

LONDON - Forumpublik.com | Amerika Serikat, Inggris dan negara-negara besar lainnya yang kaya, mencapai kesepakatan penting pada untuk memeras lebih banyak uang dari perusahaan multinasional seperti Amazon dan Google dan mengurangi insentif mereka untuk mengalihkan keuntungan ke surga lepas pantai dengan pajak rendah.

Ratusan miliar dolar dapat mengalir ke pundi-pundi pemerintah yang dibiarkan terikat uang tunai oleh pandemi COVID-19 setelah Kelompok Tujuh (G7) negara maju, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia dan Jepang, sepakat untuk mendukung tarif pajak perusahaan global minimum setidaknya 15%.

Facebook (FB. O) mengatakan pihaknya mengharapkan harus membayar lebih banyak pajak, di lebih banyak negara.

Hal ini sebagai hasil dari kesepakatan yang datang setelah delapan tahun pembicaraan yang mendapatkan dorongan segar dalam beberapa bulan terakhir setelah proposal dari pemerintahan baru Presiden AS Joe Biden.

"Para menteri keuangan G7 telah mencapai kesepakatan bersejarah untuk mereformasi sistem pajak global agar sesuai dengan era digital global," kata menteri keuangan Inggris Rishi Sunak setelah memimpin pertemuan dua hari di London, Inggris, Sabtu (5/6/2021.

Pertemuan itu, yang diselenggarakan di sebuah rumah besar abad ke-19 yang bernuansa dekat Istana Buckingham di london pusat, adalah pertama kalinya para menteri keuangan bertemu tatap muka sejak awal pandemi.

Baca juga: Kerusuhan di Capitol Hill, Larangan Trump di Facebook Ditegakkan oleh Dewan Pengawasan Saat Ini

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan "komitmen signifikan, belum pernah terjadi sebelumnya" akan mengakhiri apa yang disebutnya perlombaan ke bawah pada perpajakan global.

Menteri keuangan Jerman Olaf Scholz mengatakan kesepakatan itu adalah "berita buruk bagi surga pajak di seluruh dunia".

Yellen juga melihat pertemuan G7 sebagai penanda kembalinya multilateralisme di bawah Biden dan kontras dengan pendekatan Presiden AS Donald Trump, yang mengasingkan banyak sekutu AS.

"Apa yang saya lihat selama di G7 ini adalah kolaborasi yang mendalam dan keinginan untuk berkoordinasi dan mengatasi berbagai masalah global yang jauh lebih luas," katanya mengutip Reuters, Minggu (6/5/2021).

Para menteri juga setuju untuk bergerak membuat perusahaan menyatakan dampak lingkungan mereka dengan cara yang lebih standar sehingga investor dapat memutuskan lebih mudah apakah akan mendanai mereka, yang menjadi tujuan utama bagi Inggris.

Lihat juga:
Biden Batalkan Larangan Trump Terhadap Transgender yang Bertugas di Militer AS
Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti Ucapkan Selamat Untuk Joe Biden Dan Kamala Harris
Pemberian Fasilitas GSP, Indonesia Bidik Ekspor ke AS Rp878 Triliun Hingga 2024
Tim JPL NASA Meluncurkan Helikopter Ingenuity di Planet Mars
Microsoft Membuat Opsi Kerja Jarak Jauh Menjadi Permanen

Editor: Rianto

0 comments:

Post a Comment