"Indeks Kelola Untuk Mengukur Kinerja APBD" Wamenkeu Beri Apresiasi

"Indeks Kelola Untuk Mengukur Kinerja APBD" Wamenkeu Beri Apresiasi
Wamenkeu Suahasil Nazara saat memberikan keynote speech pada acara Malam Penghargaan Indeks Kelola 2019 Kinerja dan Efektivitas Pengelolaan APBD dengan tema "Terobosan Daerah Membangun Negeri" yang diselenggarakan oleh Katadata Insight Center (KIC) di Djakarta Theatre XXI Jakarta Pusat pada Kamis (28/11/19). (Photo: Kemenkeu/Biro-KLI/Resha/Forumpublik.com)

Jakarta -- Forumpublik.com | Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Katadata yang telah mengeluarkan suatu indeks baru yang disebut Indeks Kelola.

"Indeks Kelola merupakan metode pengukur kinerja dan efektivitas pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pembangunan daerah. Pembangunan yang dituju antara lain di bidang kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan ekonomi," Pungkas Suahasil.

Hal tersebut disampaikannya ketika memberikan keynote speech pada acara Malam Penghargaan Indeks Kelola 2019 Kinerja dan Efektivitas Pengelolaan APBD dengan tema "Terobosan Daerah Membangun Negeri" yang diselenggarakan oleh Katadata Insight Center (KIC) di Djakarta Theatre XXI Jakarta Pusat pada Kamis (28/11/19).

Wamenkeu menjelaskan bahwa dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Pusat Rp2.500 triliun itu 1/3 disalurkan melalui anggaran kementerian dan lembaga (K/L), 1/3 melalui anggaran bendahara umum negara dan 1/3 melalui Transfer ke Daerah dan Dana Desa.

Wamenkeu mengingatkan kembali konsep desentralisasi keuangan daerah yaitu yang paling utama adalah pemahaman bahwa pemerintah daerah adalah yang paling mengerti kebutuhan daerah setempat dengan harapan seluruh anggaran tersebut dapat memiliki kinerja yang baik dalam memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat. (ip/hpy/nr)

Lihat juga:
Luhut: RI akan Ambil Alih Ruang Kendali Udara Wilayah Kepri dari Singapura
Akan Segera Jadi KEK "Nongsa Digital Park dan Kawasan Industri Kendal"
Alasan Pemerintah Tingkatkan Dana Lingkungan Hidup untuk Kurangi Emisi Karbon
Pemerintah Luncurkan BPDLH, Satukan dan Meningkatkan Dana Lingkungan Hidup
Menko Luhut : Yang Muda Bebas Berkarya pada Era Perdagangan Elektronik
Kemenkeu Raih Penghargaan Sebagai Kementerian dengan Sistem Merit Terbaik


Editor: Sugiarto

0 comments:

Post a Comment