Akan Segera Jadi KEK "Nongsa Digital Park dan Kawasan Industri Kendal"

Akan Segera Jadi KEK "Nongsa Digital Park dan Kawasan Industri Kendal"
Pemerintah merencanakan Nongsa Digital Park di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). (Kemenkeu Photo/Biro KLI-Cahyo)

Batam (Kepri), Forumpublik.com -- Pemerintah merencanakan akan segera menjadikan Nongsa Digital Park di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), dan Kawasan Industri Kendal, di Kendal, Jawa Tengah, sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, dengan berubah menjadi KEK maka Nongsa Digital Park fasilitasnya menjadi lebih baik dan minat investasi akan meningkat.

“Sebagai Digital Park tentu saja dia sangat fokus kepada kegiatan-kegiatan yang sifatnya digital, termasuk pendidikan,” kata Darmin kepada wartawan di Hotel Shangri-la, Singapura, Selasa (08/10/19).

Mengenai lamanya waktu menjadikan Kawasan Industri Kendal sebagai KEK, Menko Perekonomian Darmin Nasution mengemukakan, pihaknya harus berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian yang menginginkan supaya di Jawa jangan terlalu banyak KEK. Kalau di luar Jawa tidak masalah.

“Kalau di Jawa selama ini KEK itu lebih fokus kepada pariwisata ada Tanjung Lesung, belakangan ini ada Malang, Jawa Timur yaitu Singhasari,” jelas Darmin melansir dari situs Sekretariat Kabinet (Setkab), Jumat (11/10/19).

Namun, lanjut Darmin, pemerintah sepakat KEK industri di Jawa asal memenuhi sejumlah persyaratan, yaitu fokusnya ekspor, substitusi impor atau berteknologi tinggi.

Kelompok Kerja Menko Perekonomian menjelaskan, ada kelompok kerja investasi tetapi ini sebenarnya kelompok kerja yang hubungannya dengan KEK Kendal. Supaya investor baik dari Singapura maupun dari dalam negeri makin banyak yang masuk.

“KEK Kendal itu diharapkan sekarang ini investasi di kawasan waktu dia masih kawasan industri itu investasi di sana ada 555 juta dollar AS, dengan menyerap tenaga kerja lebih dari 2.400 orang. Kita ingin dia dengan teknologinya yang lebih tinggi atau yang lebih berorientasi ekspor,” terang Darmin.

Menurut Menko Perekonomian, ada juga working group (kelompok kerja) untuk transportasi. Ada kelompok kerja agribisnis. Saat ini yang cukup konkret ada 1 pulau di dekat Batam, Pulau Kundur.

Pulau ini dikembangkan untuk menghasilkan buah-buahan pisang, nanas dan buah komersil lainnya.

Kemudian, untuk (working group) pariwisata telah dibuka rute baru Singapura-Indonesia, selain yang sudah ada selama ini, khususnya bagi pelayaran Genting Dreams ke Belitung mulai musim panas 2020.

“Itu untuk pertama kalinya Belitung akan disinggahi kapal pesiar, cruise yang kapasitasnya 3.000 penumpang, mudah mudahan nanti ke Mandalika nanti ke Labuan Bajo dan sebagainya,” ucap Darmin.

Lihat juga:

(Biro KLI/nr/ds)

1 comments: