Amsakar: Seribu Lebih WNI Pulang dari Malaysia dan Singapura Melalui Batam

Amsakar: Seribu Lebih WNI Pulang dari Malaysia dan Singapura Melalui Batam
WNI yang pulang ke tanah air melalui Batam, masuk dari dua pelabuhan internasional Batam Centre dan Harbour Bay. (Foto: Media Center Batam/Forumpublik.com)

Batam (Kepri) -- Forumpublik.com | Seribu lebih warga negara Indonesia (WNI) dari Malaysia dan Singapura pulang melalui Batam, Sabtu (28/3/20).

“Ada 1.372 orang WNI yang pulang ke tanah air melalui Batam hari ini. Masuk dari dua pelabuhan internasional kita yaitu Batam Centre dan Harbour Bay,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), Amsakar Achmad di Asrama Haji Batam.

Pemulangan WNI ini memang terkait dengan penanganan Covid-19 di dua negara tetangga tersebut. WNI yang umumnya pekerja migran ini dipulangkan secara bertahap.

Adapun yang dipulangkan Sabtu kemarin rinciannya yaitu 1.322 orang dari Malaysia. Sebanyak 1.103 orang masuk melalui Batam Centre, dan 219 orang melalui Harbour Bay.

Sedangkan WNI dari Singapura berjumlah 50 orang. Masuk melalui pelabuhan Batam Centre 40 orang dan Harbour Bay 10 orang.

“Sampai di pelabuhan, saudara-saudara kita yang baru pulang ini langsung dibawa ke Asrama Haji untuk dilakukan pendataan. Selain itu juga dicek kesehatannya. Semua dalam keadaan sehat,” kata Amsakar.

Baca juga:
Amsakar: Selesai Masa Inkubasi, Warga yang Dikarantina Boleh Pulang
Isdianto Serahkan 950 APD Melalui Walikota untuk Batam
Fasilitas Observasi Covid-19 di Ex Camp Vietnam Sudah 78 Persen

Wakil Wali Kota Batam ini memaparkan, bagi warga Batam dipersilakan langsung kembali ke rumah masing-masing usai pemeriksaan kesehatan. Dan mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri (self isolation).

Warga yang transit, sebagian langsung pulang ke daerah masing-masing pada hari itu. Gugus tugas Batam sudah koordinasi dengan pemerintah daerah asal warga tersebut untuk pemantauan lanjutan.

“Ada sebagian yang transit dan masih menunggu jadwal keberangkatannya Minggu dan Senin. Jumlahnya 16 orang. Mereka diinapkan di Asrama Haji,” kata dia.

Lihat juga:

Media Center Batam
Editor: Manto

loading...

0 komentar:

Post a comment