Ketahui, Ini Dia Tiga Kelemahan dari Virus Corona

Ketahui, Ini Dia Tiga Kelemahan dari Virus Corona
Ilustrasi. Sabun harus digunakan secara liberal (sekitar tiga pompa) dan tangan harus menggosok bersama-sama dengan cepat, memastikan punggung tangan dan di-betweens jari juga dicuci. (Shutterstock/Alexander Raths)

Jakarta - Forumpublik.com | Bahwa pandemi Covid-19 yang saat ini mewabah di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia telahpun menginfeksi 1,5 juta populasi dunia dan menyebabkan 100 ribu jiwa meninggal dunia.

Namun begitu, ternyata virus corona atau Covid-19 ini memiliki tiga kelemahan yakni Pertama, Virus Corona lemah terhadap sabun. Pada dasarnya, membersihkan tubuh atau benda dari virus tak cukup dengan air namun juga perlu di kombinasikan dengan pelarut lemak atau sabun.

Tubuh virus terdiri dari tiga bagian yaitu DNA atau RNA yang jadi inti virus, protein serta lapisan lemak atau pelindung luar virus. Nah, untuk itu sabun dapat menghancurkan lemak dengan mudah.

Sehingga penggunaan sabun yang di gosokkan secara merata ke tangan sangat efektif dalam mengangkat virus yang ada di tangan kita. Kedua, Antibody Ampuh melawan virus Covid-19.

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang baik akan lebih sulit untuk terinfeksi virus covid-19. Sekalipun terinfeksi, gejala uang akan muncul sifatnya ringan dan mudah sembuh.

Sehingga daya tahan tubuh atau antibody yang kuat akan sulit terinfeksi virus Covid-19. Untuk itu, memiliki antibody yang baik sangat dibutuhkan untuk mencegah terinfeksinya virus Covid-19 ini.

Dikutip dalam jpnn.com, adapun cara mendapatkan daya tahan tubuh atau antibody yang baik adalah dengan mengkonsumsi vitamin C, sayuran hijau dan makan makanan yang mengandung vitamin D serta sayuran dan buah berwarna ungu.

Baca juga: Langkah Tepat Jokowi Hadapi Covid-19 Harus Diawasi di Lapangan

Ketiga, virus Covid-19 bisa mati oleh Disinfektan. Disinfektan merupakan zat yang digunakan dalam proses penguraian jumlah mikroorganisme, proses disinfektasi dilakukan untuk membersikan permukaan benda seperti dinding, meja, prabot dan lainnya.

Ada beberapa disinfektan yang dapat digunakan berdasarkan anjuran Dinas Kesehatan yakni:

- Bleach (pemutih) yang diencerkan dengan takaran 2 sendok makan per 1 liter air.
- Karbol yang diencerkan dengan takaran 2 sendok makan per 1 liter air
- Pembersih lantai yang diencerkan dengan takaran 1 tutup botol per 5 liter air.
- Larutan alkohol 70 persen
- Hidrogen peroksida yang diencerkan

Virus covid-19 dapat mati diatas waku 1 menit, Namun bukan berarti anda boleh menyemprotkan disinfektan langsung ke badan. Sebab, disinfektan yang disemprotkan ke tubuh dapat memicu kanker.

Itulah tadi, tiga kelemahan dari virus Covid-19 yang wajib diketahui dan dilaksanakan guna mencegah penularan virus Covid-19 ini.

Lihat juga:

(Asikk2/kominfo.kepriprov)
Editor: Manto

loading...

0 komentar:

Post a comment