Satu Orang Positif Covid-19, di Himbau Masyarakat Peduli Himbauan Pemerintah

Satu Orang Positif Covid-19, di Himbau Masyarakat Peduli Himbauan Pemerintah
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai dr. Syaiful didampingi Plt. Kadiskominfo Mhd. Fauzan dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik M. Sadam, dalam press conference di Posko Tanggap Darurat COVID-19 Kota Dumai, lantai II Kantor Diskominfo, Kamis (2/4/20). (Foto: Dnst-Endy Castello/Forumpublik.com)

Dumai (Riau) - Forumpublik.com | Setelah dilakukan Tes Swab (pengambilan sampel lendir di saluran pernapasan), 1 orang pasien dalam pengawasan (PDP) yang diisolasi di RSUD Kota Dumai dinyatakan postif Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai dr. Syaiful didampingi Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Dumai Mhd. Fauzan dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik M. Sadam, dalam press conference di Posko Tanggap Darurat COVID-19 Kota Dumai, lantai II Kantor Diskominfo, Kamis (2/4/20).

Diawal press conference, dr. Syaiful menjelaskan bahwa hingga hari ini di Kota Dumai ada 258 orang dalam pemantauan (ODP) dan 14 pasien dalam pengawasan (PDP), untuk PDP sudah kita lakukan Tes Swab.

“Dari 14 PDP, terdapat 1 orang tidak dapat dilakukan Tes Swab sehubungan dengan ketika sore harinya pasien masuk ke rumah sakit dan dirawat, lalu pada malam hari pasien tersebut meninggal dunia, jadi belum sempat di lakukan Tes Swab”, ucap Syaiful.

Lebih lanjut dr. Syaiful mengatakan dari 13 pasien PDP yang dirawat dan telah diambil Swab, beberapa waktu yang lalu sudah dilaporkan 1 pasien PDP dengan hasil negatif.

“Kemudian pada hari ini kita mendapat laporan dari hasil pemeriksaan oleh BTKL Jakarta Kementrian Kesehatan, ada 7 orang yang dilaporkan, 6 orang diantaranya dinyatakan negatif dan 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19”, jelas Syaiful.

Baca juga: WNI Dari Malaysia Lebih Dahulu Discreening Di Kepri Sebelum Memasuki Dumai

Dengan demikian, hasil Tes Swab dari 5 pasien PDP lainnya pihak Dinas kesehatan Kota Dumai atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai sampai saat ini masih menunggu hasil dari laboratorium.

Untuk kondisi pasien positif Covid-19, katanya, saat ini pasien yang berasal dari Kota Bogor, berjenis kelamin wanita dengan umur 63 tahun tersebut dalam keadaan membaik dan sehat dirawat di ruang isolasi RSUD Kota Dumai.

“Ini merupakan kasus impor, karena yang bersangkutan adalah warga Kota Bogor yang berkunjung ke Kota Dumai untuk menghadiri undangan pesta keluarga, namun dikarenakan keluhan sakit dan diinapkan ke RSUD, pasien ini tidak jadi menghadiri acara tersebut,” terangnya.

Mengenai hal tersebut, kepada seluruh masyarakat Kota Dumai mulai saat ini diharapkan agar mengikuti imbauan Pemerintah untuk selalu mencuci tangan, jangan keluar rumah jika tidak penting, jangan berkumpul dan jangan melakukan perjalanan ke luar daerah.

Prosedur-prosedur sesuai dengan pasien positif Covid-19 terus dilakukan, seperti pemantauan dan pemeriksaan terhadap orang-orang yang kontak langsung dengan yang bersangkutan sebelum dirawat di RSUD.


“Kepada yang melakukan kontak dengan pasien, lalu ditemukan gejala silahkan melapor ke Dinas Kesehatan Kota Dumai untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan alat rapid test guna mengantisipasi penyebaran virus corona di Kota Dumai,” tutup Syaiful. (Dnst-Endy Castello)

Lihat juga: Satpol PP Dumai Patroli Rutin Tertib Antisipasi Wabah COVID-19, Razia 2 Warnet

Editor: Tonang

0 comments:

Post a Comment