Masa Pandemi, Layanan Dokumen Kependudukan Dapat Diakses Online

Masa Pandemi, Layanan Dokumen Kependudukan Dapat Diakses Online
Kadisdukcapil Batam, Heryanto Joesoef, saat mengatakan meski di masa pandemi COVID-19, masyarakat tetap bisa mendapatkan layanan maksimal tanpa harus datang langsung ke Kantor Disdukcapil di Sekupang. di Batam, Selasa (5/1/2021). (Foto: Istimewa)

BATAM (KEPRI) - Forumpublik.com | Pemerintah Kota (Pemko) Batam memaksimalkan layanan online di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Salah satunya, layanan kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) yang bisa diakses melalui https://Disdukcapilbisa.batam.go.id.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Heryanto Joesoef, mengatakan meski di masa pandemi COVID-19, masyarakat tetap bisa mendapatkan layanan maksimal tanpa harus datang langsung ke Kantor Disdukcapil di Sekupang.

"Di laman ini (disdukcapilbisa.batam.go.id) semua layanan ditampilkan dan bisa diakses," ujar Heryanto, di Batam, Selasa (5/1/2021).

Heryanto melanjutkan, semua layanan bisa didapatkan masyarakat melalui online kecuali untuk perubahan data yang mengharuskan pemohon datang langsung ke kantor.

"Selama melalui online ini lebih efisien dan aman. Sejauh ini layanan melalui online berjalan dengan baik," ujarnya.

Selain itu, mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Batam tersebut juga mengungkapkan stok blangko saat ini mencukupi untuk layanan pencatatan kependudukan.


Ia membeberkan, ada 24 ribu blangko tersedia.

"Kita dapat 14 ribu blangko pada Desember lalu. Dan sisa blangko lama ada 10 ribu keping sehingga total 24 ribu," ujarnya.

Dengan total itu, kata dia, ia menjamin layanan catatan kependudukan hingga Maret nanti akan berjalan lancar.

Ketersediaan blango ini pun memprioritaskan permohonan yang sudah masuk dan belum sempat dicetak akibat kekurangan blangko belum lama ini.

"Blangko e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) sudah didistribusikan ke masing-masing kecamatan yang melalukan pencetakan mandiri. Pendistribusian blangko bertahap, sesuai dengan kebutuhan," kata dia.

Lihat juga:
BPS Kepri Catat Ekspor November Capai US$1.144,74 Juta
Rencana Vaksinasi Nasional, Batam Dapat Jatah Vaksin 500 ribu Hingga 600 ribu
Satgas Catat Pasien COVID-19 Sembuh di Tanjungpinang Bertambah 17 orang
Pembahasan Ranperda RZWP3K, DPRD Kepri Minta Masyarakat Dilibatkan
KPU Kepri Prediksi Partisipasi Pemilih Lebih 67 Persen dari Yang Terdata dalam DPT

Editor: Manto

loading...

0 komentar:

Post a comment