Pembahasan Ranperda RZWP3K, DPRD Kepri Minta Masyarakat Dilibatkan

Ranperda Pembahasan RZWP3K, DPRD Kepri Minta Masyarakat Dilibatkan
Sejumlah kapal labuh jangkar di sekitar perairan Pulau Batam. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepri meminta agar panita khusus Ranperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) ikut melibatkan masyarakat dalam pembahasan ranperda yang hingga kini belum disahkan. (Foto: Asikk3/kominfo.kepri)

TANJUNGPINANG (KEPRI) - Forumpublik.com | Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) hingga saat ini belum disahkan.

Berbagai persoalan dan pembahasan belum dapat diselesaikan untuk menetapkan Ranperda yang mengatur pengelolaan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil di Provinsi Kepri ini.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepri meminta agar Panita Khusus (Pansus) Ranperda RZWP3K ikut melibatkan masyarakat dalam pembahasan Ranperda ini.

"Kami melihat dari awal hingga akhir berjalannya proses pembahasan ranperda ini belum ada pelibatan masyarakat dalam pembahasan ranperda RZWP3K ini," ujar Anggota DPRD Kepri Fraksi PDIP Lis Darmansyah di Tanjungpinang, Kepri, Senin (14/12/2020).

Menurut Lis, padahal peran serta dan partisipasi masyarakat sangat penting bagi penetapan ranperda ini.

"Masyarakat yang ada di kawasan dan wilayah RZWP3K terlibat langsung dan mereka pula yang nantinya menjaga ekosistem kawasan RZWP3K ini," ungkap Lis.


Sehingga perlu dirasa mengajak masyarakat untuk ikut dalam pembahasan ranperda ini.

Baik dalam bentuk Rapat Dengar Pendapat RDP dan sosialisasi Perda ini.

Tak hanya Lis, DPRD Kepri fraksi Nasdem Khazalik mengatakan bahwa pihaknya meminta pembahasan Ranperda RZWP3K ini ikut melibatkan suara dari masyarakat.

"Kami meminta adanya partisipasi dan dukungan masyarakat Kepri terutama yang berada di kawasan zonasi untuk turut serta dilibatkan dalam pembahasan bersama OPD dan anggota DPRD dalam kegiatan sosialisasi Perda," ujar Khazalik .

Karena nantinya setelah perda ini disahkan, lanjut Khazalik masyarakat adalah orang pertama yang langsung merasakan ataupun terkena dampak nya.

Lihat juga:

0 comments:

Post a Comment