Polda Kepri Jalin Stakeholder Bentuk Posko Penanggulangan Kabut Asap

Polda Kepri Jalin Stakeholder Bentuk Posko Penanggulangan Kabut Asap
Kabid Humas Polda Kepulauan Riau Kombes Pol. Drs. S. Erlangga S.IK, saat menyampaikan membentuk posko penanggulangan dampak kabut asap yang melanda wilayah di Kepulauan Riau (Kepri), di Mako Polda Kepri, Sabtu (14/09/19) pada pukul 17.00 wib.

Batam (Kepri), Forumpublik.com -- Akibat terjadinya kebakaran diberbagai daerah seperti Provinsi Riau daratan dan kalimantan, membuat kabut asap tebal melanda diberbagai wilayah Kepulauan Riau, Polda Kepri bersama jajaran Polres dan Polresta bekerja sama dengan pihak terkait seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) untuk membentuk posko penanggulangan keselamatan kabut asap.

Hal ini disampaikan melalui Kabid Humas Polda Kepulauan Riau Kombes Pol. Drs. S. Erlangga S.IK bahwa Polda Kepri bersama jajaran Polres / Polresta, bentuk posko penanggulangan dampak kabut asap yang melanda wilayah di Kepulauan Riau (Kepri),  di Mako Polda Kepri, Sabtu (14/09/19) pada pukul 17.00 wib.

Erlangga mengatakan, "Kabut asap yang dirasakan beberapa hari belakangan ini di berbagai daerah di Provinsi Kepri tidak terkecuali Kota Batam, mendorong Polda Kepri dan jajaran Polres dan Polresta bekerjasama dengan pihak terkait seperti Rumah Sakit Umum Daerah, Puskesmas-puskesmas, BMKG dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) membentuk posko kesehatan dampak Karhutla", ujarnya.

"Posko Kesehatan tersebut menyiapkan masker, oksigen dan ambulan yang siap mengantar dan menjemput masyarakat yang terkena dampak dari kabut asap", tuturnya.

"Satuan Tugas ini memberikan layanan cepat tanggap apabila kwalitas udara di Provinsi Kepri semakin memburuk. Bersama bahu membahu dan saling bersinergi dalam penanggulangan dampak kabut asap tersebut dan Untuk saat ini kualitas udara sendiri terutama di Kota Batam masih dalam batas normal" ucapnya.

Erlangga menjelaskan lagi, menurut pantauan  kami, Indeks kualitas udara di Provinsi Kepri khususnya wilayah Kota Tanjungpinang dan Batam dalam kategori sedang (dibawah 100 ), berikut uji petik Kualitas udara dengan Parameter "Indeks Standart Pencemaran Udara" ;

• 1- 50 baik
• 50 – 100 sedang
• 101 – 199 tidak sehat
• 200- 299 sangat tidak sehat
• 300 – 399 berbahaya
• 400 sangat berbahaya

Dikarenakan hal itu, Polda Kepri menghimbau kepada masyarakat di Kepri untuk melindungi diri dari dampak buruknya Kabut asap dengan, seperti:

• Selalu menggunakan Masker saat beraktivitas diluar rumah.
• Minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering.
• kurangi aktivitas diluar rumah.
• Segera ke sarana pelayanan kesehatan terdekat apabila mengalami kesulitan bernafas atau ganguan pernafasan lainnya.
• Selalu lakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS), cuci bersih dan masak makanan dengan baik.
• Upayakan agar Polusi diluar tidak masuk kedalam rumah/sekolah/kantor dan ruang tertutup lainnya, tutupnya.

Lihat juga:
Berikut 6 Objek Wisata Indah di Sekeliling Pulau Samosir
Dorong Destinasi Wisata di Danau Toba Berkelas Super
Jokowi Komitmen Benahi Danau Toba Jadi Kawasan Wisata Menarik dan Lengkap
Kirim Surat Tagihan Utang Pertama Jatuh Tempo ke Lapindo
Menilik Bahan Baku 3 Plastik Kresek Ramah Lingkungan


Red/Humas Polda Kepri
Editor: Sugiarto

0 comments:

Post a Comment