Jokowi Dorong Destinasi Wisata di Danau Toba Berkelas Super

Jokowi Dorong Destinasi Wisata di Danau Toba Berkelas Super
Presiden Jokowi menjawab wartawan usai mengunjungi kawasan wisata The Kaldera Toba Nomadic Escape, di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumut, Selasa (30/7) siang. (Foto:Setkab/JAY/Humas)

Samosir (Sumut), Forumpublik.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaruh perhatian besar pada sektor pariwisata dalam kunjungan kerjanya di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Jokowi ingin destinasi wisata di Danau Toba berkelas super.

Dalam kunjungan kerjanya pada Senin (29/7) dan Selasa (30/7), Jokowi berkeliling ke beberapa kabupaten di kawasan Danau Toba, meninjau beberapa titik destinasi wisata. Dia ingin melihat langsung kondisi destinasi wisata di wilayah tersebut untuk menentukan langkah pengembangan berikutnya.

"Inilah step-step yang terus akan kita kerjakan agar kawasan Danau Toba itu betul-betul jadi sebuah kawasan wisata yang kelasnya super. Meskipun sekarang sudah, ini kalau kita lebih detailkan lagi, saya kira potensi untuk menjadi kawasan wisata yang kelasnya super saya kira sangat besar sekali," kata Jokowi kepada wartawan saat meninjau lokasi wisata di Pantai Pasir Putih Situngkir, Samosir, Sumatera Utara, Selasa (30/7/2019).

Apalagi, kata Jokowi, sejumlah fasilitas pendukung sudah dibangun. Dengan adanya fasilitas tersebut, Jokowi berharap investasi akan masuk ke kawasan Danau Toba.

"Bandaranya siap, infrastruktur sudah dimulai dikerjakan, terus nanti yang tadi di Sibisa tadi juga investasi nanti didorong ke sana," katanya.

Jokowi Dorong Destinasi Wisata di Danau Toba Berkelas Super

Sektor pariwisata memang menjadi andalan untuk pemasukan daerah Kabupaten Samosir. Dia mendapat laporan dari Bupati Samosir Rapidin Simbolon, dalam setahun terakhir pemasukan kas daerah dari sektor pariwisata naik sekitar 81 persen, yakni dari Rp 34 miliar menjadi Rp 54 miliar.

"Ini gede banget," kata Jokowi.

Untuk lokasi Pantai Pasir Putih Situngkir sendiri, Jokowi menilai lokasi itu bisa mendatangkan angka investasi yang besar. Untuk itu, dia akan membuat masterplan penataan lokasi wisata tersebut agar menjadi lebih menarik.

"Yang Pantai Pasir Putih Situngkir, ini memiliki bayangan yang menyangkut investasi yang gede sekali. Menyangkut investasi yang gede sekali. Nanti biar dibuatkan masterplan-nya dulu, dihitung, baru kita bicara. Saya belum punya bayangan (nilai investasinya), kelihatan gede sekali," kata Jokowi.

Baca juga:
Berikut 6 Kawah Berpemandangan Menarik bak Lukisan di Indonesia
Ratu Inggris Sedang Liburan, Buckingham Dibuka untuk Turis
Berdayakan Sampah, Tukar Botol Plastik Gratis Tiket Kereta Keliling Roma
Sebab Jeruk Dibungkus dalam Kantung Jaring Warna Merah
Kemenpar Terus Pantau Ekosistem Pariwisata Tangkuban Parahu


(Sumber:Detikcom)
loading...

0 komentar:

Post a comment