Temukan Berikut Beberapa Khasiat Hebat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Temukan Berikut Beberapa Khasiat Hebat Kulit Jerukuntuk Kesehatan
Ilustrasi.Temukan Berikut Beberapa Khasiat Hebat Kulit Jerukuntuk Kesehatan (Photo: Theweek/Sneha Pillai

Kepri
, Forumpublik.com --
Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga berbagai dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antaranya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Jeruk dikenal kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin yang bermanfaat untuk daya tahan tubuh juga baik untuk kesehatan kulit. Namun siapa sangka kandungan vitamin C pada jeruk yang dikonsumsi hanya sekitar 71 miligram. Sedangkan kandungan vitamin C tertinggi terletak pada kulitnya yakni sebesar 136 miligram.

Oleh karena itu, jangan buru-buru membuang kulitnya. Melansir dari CNNIndonesia, Jumat (11/10/19), anda bisa mendapatkan aneka khasiat atau manfaat dari kulit jeruk. Karena rasanya yang cukup pahit, kulit jeruk bisa diseduh layaknya teh maupun diolah menjadi permen.

1. Baik untuk jantung

Jantung bisa memperoleh manfaat kulit jeruk. Kulit jeruk mengandung banyak flavonoid yang disebut hesperidin dan komponen antiinflamasi. Melansir Insight Care, sebuah survei menyebut bahwa diet dengan tambahan jenis buah-buahan sitrus seperti jeruk menawarkan perlindungan melawan penyakit kardiovaskular karena kandungan folat.

Polymethoxylated flavones pada kulit jeruk bisa menurunkan kolesterol lebih efektif daripada obat kolesterol biasa. Kehadiran komponen hesperidin bisa menurunkan tekanan darah diastolik. Kemajuan ini bisa terlihat setelah 2-3 minggu konsumsi kulit jeruk.

2. Anti kanker

Flavonoid pun bisa berfungsi sebagai antikanker. Flavonoid pada kulit jeruk bermanfaat untuk menghalangi kinerja protein RLIP76, protein yang berhubungan dengan obesitas dan kanker. Penelitian pada tikus membuktikan saat protein RLIP76 dihilangkan, tikus tidak mengalami obesitas dan tidak terkena diabetes, kolesterol tinggi dan kanker. Hasil studi membawa harapan baru pada manusia.

3. Menyehatkan paru-paru

Kandungan vitamin C yang kaya bisa membantu memecah dahak dan membersihkan paru-paru. Vitamin C juga bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit sehingga membantu perlindungan paru-paru dari infeksi. Anda bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk mengatasi flu dan demam.

4. Bantu turunkan berat badan

Sedang menjalankan program diet? Masukkan jeruk beserta kulitnya ke dalam menu harian Anda. Manfaat kulit jeruk bisa membantu menurunkan berat badan. Jeruk memiliki kalori rendah sehingga bisa dikonsumsi tanpa takut menaikkan berat badan.

Jeruk plus kulitnya pun memiliki kandungan serat sehingga mengontrol nafsu makan. Perut terasa kenyang lebih lama sehingga menjauhkan Anda dari keinginan makan snack terlalu banyak. Kandungan vitamin C membantu tubuh membakar lemak.

5. Menghancurkan batu ginjal

Manfaat kulit jeruk bisa untuk membantu menghancurkan batu ginjal. Kulit jeruk mengandung komponen D-limonene kemudian komponen ini dipadukan dengan konsentrasi jus cranberry. Metode terbukti bisa melarutkan batu ginjal.

Kulit jeruk pun mengandung antiseptik dan antijamur sehingga bisa membantu menyembuhkan infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal.

6. Jadi toner

Kulit kusam dan tampak kurang bercahaya? Gunakan saja kulit jeruk sebagai toner. Ekstrak kulit jeruk yang dilarutkan bersama susu bisa digunakan sebagai toner. Campuran ini pun bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat atau noda hitam.

7. Mengatur gula darah

Bagi penderita diabetes, konsumsi kulit jeruk bisa membantu mengatur kadar gula darah. Kulit jeruk mengandung pektin atau serat yang membantu mengatur gula darah. Studi menunjukkan terapi dengan ekstrak kulit jeruk bisa mencegah diabetes neuropati.

8. Memutihkan Gigi

Kamu suka minum kopi atau teh? Biasanya gigi akan menguning karena penumpukan warna dari kopi dan teh. Tapi tidak ada salahnya kalau kamu mau mencoba menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi warna kuning pada gigi.

Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Caranya mudah, kami cukup menggosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi kamu selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan hal ini dengan rutin dua kali sehari, maka gigi kamu akan kembali memutih.

9. Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan, gantilah kopi atau teh yang kamu konsumsi dengan teh kulit jeruk. Kulit jeruk telah dipercaya banyak pakar kesehatan karena kemampuannya yang dapat secara efektif meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan.

Caranya mudah, keringkan kulit jeruk, pilihlah jeruk yang organik ya. Kemudian masukan beberapa lembar kulit jeruk kering dalam 1 cangkir air panas, lalu tutup gelas dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, keluarkan kulit jeruk dari dalam cangkir lalu tambah beberapa sendok makan madu. Minumlah teh kulit jeruk ini 2 cangkir per hari secara rutin.

10. Bukan hanya berkhasiat untuk wajah, kulit jeruk juga bermanfaat menumpas ketombe dan bikin rambut halus mengilap

Mengutip forumpublik.com dari Hipwee, untuk menghilangkan ketombe, kamu bisa menumbuk kulit jeruk lalu beri sedikit air, dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, gunakan sebagai sampo.

Atau, gunakan rebusan kulit jeruk atau bubuk kulit jeruk yang ditambahkan dengan sedikit madu lalu diseduh air hangat sebagai kondisioner alami. Oleskan pada rambut, pijat perlahan dan diamkan sejenak. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin. Perawatan ini bikin rambut terasa lebih halus dan mengilap. (Tonang)

Lihat juga:

(CNN/els/chs/Hipwee)

0 comments:

Post a Comment