Menhub Budi Karya Sebelum Positif Covid-19, Sempat ke Istana Bertemu Pejabat Belanda

Menhub Budi Karya Sebelum Positif Covid-19, Sempat ke Istana Bertemu Pejabat Belanda
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Forumpublik.com | Sekretaris Negara Pratikno mengumumkan bahwa Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19). Budi karya saat ini dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

Budi Karya Sumadi dikonfirmasi sebagai pasien positif Virus Corona dengan nomor kasus 76. Sebelum dinyatakan positif, Budi sempat menghadiri rapat terbatas di Istana hingga bertemu delegasi Belanda.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala RSPAD adalah Pak Budi karya Sumadi," kata Pratikno di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Sabtu (14/3).

Pernyataan Praktikno dibenarkan RSPAD Gatot Subroto yang menyebut telah merawat seorang menteri kabinet Joko Widodo. Budi karya dirawat dengan nomor pasien 76.

"Saat ini beliau kita rawat di RSPAD. Sudah ada perbaikan," kata Wakil Kepala RS Kepresidenan RSPAD Gatot Subroto, Albertus Budi Sulistya.

Berdasarkan catatan detikcom, pada tanggal 1 Maret 2020, Budi meninjau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati. Lokasi tersebut menjadi titik penjemputan anak buah kapal (ABK) Diamond Princess yang kapalnya sempat menjadi pusat penyebaran Virus Corona.

Kemudian pada hari Rabu (4/3/2020), Budi menghadiri rapat terbatas (ratas) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Ratas tersebut bersifat internal.

Selepas itu, tepatnya tanggal 10 Maret 2020, Jubir Menhub Adita Irawati memberitahu bahwa Budi Karya menderita tifus. Ini dikarenakan serangkaian kunjungan kerja Budi Karya.

"Saat ini Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, sedang beristirahat di rumah karena gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Parepare, Kertajati, dan Indramayu," ujar Adita.

Sehari setelahnya, 11 Maret 2020, Budi ternyata menyambangi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, untuk menghadiri ratas membahas permasalahan tanah di Sumatera Utara (Sumut). Budi Karya duduk di antara Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Baca juga:

Masih di hari yang sama, Budi Karya beremu Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Negara Belanda Cora Van Nieuwenhuize untuk membahas peluang kerja sama di sektor transportasi. Keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama bidang transportasi. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Pelindo II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Setelahnya Budi Karya tidak terlihat melakukan agenda yang dapat diliput. Ternyata Budi Karya dikabarkan masuk RS karena tifus dan asma. Budi Karya waktu itu belum dikonfirmasi positif virus Corona.

Barulah pada hari ini, Sabtu (14/3), Jubir Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengumumkan 27 kasus baru. Budi Karya masuk kasus ke-76 dan saat itu identitas pasien tidak disebutkan Yuri.

Pada malam harinya, Mensesneg Pratikno yang atas izin pihak keluarga menyampaikan Budi Karya positif virus Corona. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggantikan posisi Budi Karya sebagai Menhub interim.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga," kata Pratikno di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3).

Lihat juga:

(Detikcom/dkp/jbr)

0 comments:

Post a Comment