Dirjen IKP Kemkominfo Minta Seluruh Diskominfo Salurkan Narasi Positif Tentang Pilkada 2020

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Prof Dr Widodo Muktiyo
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Prof Dr Widodo Muktiyo. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Forumpublik.comDirektur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Prof Dr Widodo Muktiyo meminta seluruh jajaran Dinas Kominfo (Diskominfo) di daerah untuk menyampaikan narasi positif tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Narasi utama itu dikatakan Widodo adalah Pilkada Serentak 2020 harus berlangsung jujur dan adil (jurdil), luber (langsung umum, bebas, dan rahasia), serta aman dari COVID-19.

"Dinas Kominfo di seluruh daerah yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak harus mampu memberikan informasi yang edukatif dan positif mengenai Pemilihan di tengah pandemi COVID-19," kata Widodo di Jakarta, melansir dari jpnn.com, Senin (2/11/2020).

"Ajak masyarakat untuk memperhatikan seluruh persiapan penyelenggaraan Pemilihan, mulai dari pencalonan, kampanye atau debat kandidat, sampai nanti ramai-ramai datang ke TPS, namun tetap mematuhi protokol kesehatan," lanjut Dirjen IKP Kemkominfo.

Baca juga: Penuhi Persyaratan, JMSI Daftar Sebagai Konstituen di Dewan Pers

Menurutnya, Diskominfo harus mengemas informasi terkait hal-hal tersebut menjadi konten yang menarik agar mudah dipahami oleh masyarakat.

Dia mengingatkan Diskominfo di seluruh daerah penyelenggara Pilkada agar mencegah terjadinya krisis manajemen komunikasi selama penyelenggaraan proses demokrasi itu berlangsung.

Karena itu, Diskominfo menurutnya harus mengumpulkan database sebanyak mungkin terkait persiapan Pemilihan Serentak 2020, agar informasi yang disampaikan ke masyarakat berbasis data yang aktual.

"Dalam situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kita juga perlu mengambil langkah yang tidak biasa agar Pemilihan Serentak berjalan dengan sukses," ucapnya.

"Diskominfo harus berpikir kreatif dan inovatif untuk memproduksi informasi yang edukatif supaya masyarakat menyambut positif Pemilihan Serentak 2020 dan berbondong-bondong datang ke TPS tanggal 9 Desember 2020 nanti," tandas Dirjen IKP Kemkominfo.

Lihat juga:
Luhut Proyeksi Ekonomi Naik 5 Persen dan Optimis RI Masuk 50 Negara Pebisnis Dunia 2021
Dukung Pilkada Serentak 2020, BEM PTAI se-Indonesia Gelar Konferensi Pers
Dengan 12 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia, akan Bersaing di UNPSA 2021
Kementerian PANRB Selenggarakan FRIPP Guna Percepat Peningkatan Kualitas
Perbumma Adat Nusantara Kupas Prospek dan Solusi Peningkatan Penyediaan Pangan Nusantara

(*/jpnn)
Editor: Manto

0 comments:

Post a Comment