Pemko Dumai Kerahkan Ekskavator Amphibi Atasi Banjir Dengan Bersihkan Aliran Sungai

Pemko Dumai Kerahkan Ekskavator Amphibi Atasi Banjir Dengan Bersihkan Aliran Sungai
Atasi banjir, Walikota Dumai kerahkan ekskavator Amphibi bersihkan aliran Sungai Dumai dari sampah dan melakukan pengerukan lumpur untuk mengangkat sedimen dari permukaan air, di Pelabuhan TPI Jalan Patimura, Kota Dumai, Senin (1/11/2021). (Foto: Endy-Dnst/Forumpublik.com)

DUMAI (RIAU) - Forumpublik.com | Pemerintah Kota (Pemko) Dumai kerahkan Ekskavator Amphibi yang baru saja di beli melalui Dinas PUPR Kota Dumai senilai Rp4.950.000.000 dari APBD Dumai 2021, untuk membersihkan aliran sungai Dumai dari sampah dan melakukan pengerukan lumpur untuk mengangkat sedimen dari permukaan air.

Diketahui, Ekskavator Amphibi adalah jenis Ekskavator yang dapat melakukan pengerukan saat mengapung di medan lunak seperti rawa, lahan basah dan air dangkal yang baru saja tiba di Dumai Jumat (29/10/2021), diharapkan kedepannya dapat meminimalisir musibah banjir yang ada di Kota Dumai ini.

Walikota Dumai H. Paisal didampingi PLT Kadis PUPR Ahmadi dan Kabid UPTD Alkal Riski Kurniawan dan rombongan lainnya, bersama-sama menyaksikan secara lansung perdana penerjunan Ekskavator Amphibi untuk proses pengerukan sungai Dumai dan pembersihan sungai Dumai dari sampah di Pelabuhan TPI Jalan Patimura, Kota Dumai, Senin (1/11/2021).

"Ekskavator Amphibi ini baru kita beli khusus untuk mengatasi banjir, sebab dapat melakukan pengerukan saat mengapung di medan lunak seperti rawa, lahan basah dan air dangkal" kata Paisal.

Paisal juga menyampaikan, terkait dana anggaran operasional kegiatan rutinitasnya, untuk Kabid Alkal jangan bingung dan bimbang.

"Sebab, untuk Ekskavator sudah ada dana anggaran khusus perawatan dan sekaligus untuk operasional Ekskavator Amphibi ini," ucap Paisal.

"Kami juga telah membahas ini dirapat, karena Ekskavator Amphibi ini barang baru dan akan rutin digunakan untuk kegiatan normalisasi sungai Dumai. Maka memang perlu dianggarkan biaya pemeliharaannya demi masyarakat kota Dumai dalam mengantisipasi banjir di kota Dumai," tambah Paisal.

Baca juga: Banjir Kota Dumai Rendam Permukiman dan Perkantoran, Semakin Mengkhawatirkan Warga

Pada tempat yang sama, Riski menyampaikan sesegera mungkin akan melaksanakan pembuatan Kanal dan Embung yang telah direncanakan di daerah Bukit Cahaya Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai.

"Setelah itu kita ikuti arahan dari Bapak Walikota Dumai untuk selanjutnya," ucap Riski pada Forumpublik.com.

"Dengan alat amphibi ini, normalisasi sungai di Dumai akan menjadi rutinitas kita kedepannya. Mudah-mudahan dapat mengurangi dan memberi dampak yang baik bagi Kota Dumai yang memang rawan terhadap bencana banjir," ucapnya lagi.

Lebih lanjut, Riski berharaptak hanya itu, meminta kepada walikota Dumai agar dapat menyediakan bajed anggaran untuk kegiatan dan perawatan alat berat Ekskavator Amphibi ini.

"Jadi bilamana kita di bergerak kelapangan sudah ready pada kegiatan, tanpa harus kebingungan dalam operasional kami nantinya," harap Kabid Alkal Riski.

Ia juga mengatakan, terkait anggaran untuk pemeliharaan alat tersebut, masih dalam proses pengajuan kepada kadis PUPR Dumai dan walikota.

"Kami berharap agar pada Kadis PUPR Dumai dan Walikota Dumai untuk segera menganggarkan biaya pemeliharaan Ekskavator Amphibi ini berikut anggaran operasionalnya, supaya gampang memelihara alat tersebut," jelas Riski.

Lihat juga:
KLHK Tangkap Pelaku Peredaran Kayu Ilegal dari Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Riau
Lelang Besi Tua Eks PT CPI, Pejabat Direktorat Jenderal Keuangan Pusat Disomasi
Gubernur Riau Minta Semua OPD Aktif Dalam Kampanye dan Antisipasi COVID-19
Gubernur Riau Didampingi Forkopimda Dumai Serahkan 50.000 Dosis Vaksin COVID-19
Kunjungi Puskesmas, Kapolda: Saya Ingin Pastikan Semua Berkolaborasi Tangani COVID-19

Penulis: Endy-Dnst
Editor: Rianto


0 comments:

Post a Comment