"Deklarasi Forjuba" Bupati Nikson: Usulan Untara, Menanti Keputusan Jokowi

"Deklarasi Forjuba" Bupati Nikson: Usulan Untara, Menanti Keputusan Jokowi
Bupati Nikson Nababan, saat menghadiri Deklarasi Forum Jurnalis Batak (Forjuba) yang dipimpin Ketua Dewan Penasehat Forjuba Drs. Ch. Robin, bersama Dewan Penasehat lainnya Nikolas S. Naibaho, Ludin Panjaitan dan Jonro I. Munthe, sekaligus pelantikan Badan Pengurus Harian Forjuba periode 2021-2026, bertempat di Sopo Marpingkir, Jakarta Timur pada Kamis, (9/12/2021). (Foto: Edo/Forumpublik.com)

JAKARTA - Forumpublik.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara (Taput) mengusulkan untuk mendirikan Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara) di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Namun, usulan tersebut masih harus menanti keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan, salah satu visi pemerintahannya adalah sebagai lumbung sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu, ia berharap agar Presiden Jokowi menyetujui usulan tersebut.

"Pengajuan Untara dan kajian-kajiannya sudah sampai di tangan presiden (Jokowi). Kita tunggu saja, mudah-mudahan bisa segera direalisasikan," ujar Nikson saat memberikan sambutannya pada acara deklarasi dan pelantikan pengurus Forum Jurnalis Batak (Forjuba), dengan Ketua Umum Jamida Pasaribu, di Gedung Sopo Marpingkir, Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis (9/12/2021).

Nikson memastikan, rencana hadirnya Untara ini dapat memicu pertumbuhan ekonomi di daerahnya, disamping sektor pertanian sebagai lumbung pangan, dan sektor pariwisata sebagai daerah tujuan wisatawan.

"Jadi, anak usia produktif yang ingin mengejar pendidikan tinggi tidak perlu lagi keluar daerah, sehingga perputaran ekonomi di Taput makin bertumbuh pesat," ujarnya.

Baca juga: Timsel Calon Anggota KPU dan Bawaslu Umumkan Hasil Penelitian Administrasi Para Pendaftar Sebanyak 868 Orang

Di lain sisi, Nikson juga berharap agar semakin banyak pihak yang mendukung usulan berdirinya Untara. Salah satunya, termasuk Forjuba.

"Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada Forjuba dan para pengurusnya," tutup Nikson mengakhiri sambutannya.

Perlu diketahui, sejumlah tokoh jurnalis dan tokoh masyarakat Batak turut menyambut hangat kehadiran Forjuba.

Mulai dari Elman Saragih, Ludin Panjaitan, Jansen Sinamo, Panusunan Simanjuntak, Ch Robin Simanullang, Hasudungan Sirait, Tony Rons Hasibuan, Jonro I Munthe, Darwin Situmorang, Laris Naibaho dan lainnya.

Ada juga sejumlah politisi, pejabat dan tokoh masyarakat Batak seperti Dr Hinca IP Pandjaitan XIII, Drs Nikson Nababan (Bupati Tapanuli Utara), Soekirman (mantan Bupati Serdang Bedagai), Ir Sintong M Tampubolon (Ketum Batak Center), dan tokoh lainnya.

Pelantikan pengurus Forjuba ditandai dengan penyerahan bendera pataka oleh Ludin Panjaitan mewakili Dewan Penasihat Forjuba kepada Ketua Umum Forjuba Jamida Pasaribu.
Sementara Nikolas S Naibaho juga mewakili Dewan Penasihat Forjuba menyerahkan akta notaris pendirian Perkumpulan Forum Jurnalis Batak kepada Sekretaris Umum Forjuba Hotman J Lumbangaol.

Prosesi penyerahan pataka dan dokumen akta Forjuba itu, turut didampingi Bendahara Umum Rifal Marbun, Wakil Ketum Darwin Situmorang, Wakil Sekum Edo Panjaitan, dan Wakil Bendum Mola Sitanggang.

Sebagi informasi, perkumpulan profesi jurnalis Batak ini didirikan atas kerinduan untuk kebersamaan antara sesama jurnalis Batak dan untuk saling mendukung dan membantu sesama seprofesi.

Forjuba tidak hanya misi membangun kebersamaan tapi juga dapat memberikan sumbangsih untuk kemajuan Tanah Batak khususnya dan Indonesia umumnya.

Lihat juga:
Pemuda MPPK Minta DPR dan Presiden, Evaluasi BPOM dan Kemenkes Terkait Izin Vaksin Novavax
Evaluasi Jabatan, Kapolri Copot 6 Kapolres dan Satu Pejabat Polda
Penembakan Dantim Bais di Pidie, Panglima TNI Keluarkan Perintah Tingkatkan Kewaspadaan
Tim Tabur Kejagung Tangkap DPO Agus Mulyana, Terpidana Korupsi Pengadaan Listrik Bandara Hang Nadim 2011-2012
Tips Supaya Foto eKTP Tidak Disalahgunakan

Penulis: Edo
Editor: Rianto

0 komentar:

Post a Comment