Dewan Sumber Daya Air Nasional Tetapkan Empat Isu Stragegis

Dewan Sumber Daya Air Nasional Tetapkan Empat Isu Stragegis
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan SDA Nasional saat pimpin Sidang Pleno pertama pada tahun ini, yang diadakan Pemerintah melalui Dewan SDA Nasional, di Jakarta, Selasa (1/03/2022). (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Forumpublik.com | Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional pimpin Sidang Pleno pertama pada tahun ini, yang diadakan Pemerintah melalui Dewan SDA Nasional, di Jakarta, Selasa (1/03/2022).

Dalam Sidang Pleno Dewan SDA Nasional Tahun 2022 tersebut, dihasilkan ketetapan mengenai pengesahan empat rekomendasi Dewan SDA Nasional terhadap isu strategis.

Empat rekomendasi Dewan SDA Nasional terhadap isu strategis terdiri dari penanganan masalah pesisir/pantai khususnya pantai utara pulau Jawa, strategi pengelolaan SDA dalam mendukung peningkatan produksi pangan berkelanjutan.

Kemudian dukungan SDA untuk Program Pengembangan Food Estate, dan pembangunan prasarana SDA di tengah pandemi COVID-19.

"Harapan kita bersama tentunya adalah materi substansi yang telah disepakati dan sudah diputuskan dalam Sidang Pleno ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi), sehingga dapat segera ditindaklanjuti pelaksanaannya oleh seluruh stakeholders sesuai tugas dan fungsinya masing-masing," jelas Menko Airlangga pada keterangannya, Selasa (1/03/2022).

Baca juga: Panglima TNI Andika Perkasa Terkonfirmasi Positif Covid-19

Para pihak terkait diharapkan dapat saling bersinergi dalam penyelenggaraan kegiatan atau program pengelolaan SDA, sehingga hasilnya dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Dalam Sidang Kabinet Paripurna, Bapak Presiden mengarahkan agar pengelolaan SDA ini juga bisa dihubungkan dengan pengentasan kemiskinan ekstrim, misalnya dengan membangun sumur-sumur," ujar Menko Airlangga.

Sebagaimana amanat dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, perlu segera diwujudkan Ketahanan Air Nasional, dan menetapkan Indeks Ketahanan Air Nasional.

Selain itu, mengingat mendesaknya kebutuhan akan dasar hukum untuk implementasi pengelolaan SDA terpadu dan berkelanjutan, tentunya perlu didorong percepatan penerbitan peraturan turunan dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air.

Lihat juga:
Panglima TNI Andika Perkasa Terkonfirmasi Positif Covid-19
Luncurkan TBM MRT Fase 2A, Jokowi Dorong Keberlanjutan Transportasi Modern, Nyaman, dan Terintegrasi
Pemerintah Melalui LPDP Telah Berikan Beasiswa Rp14,9 Triliun dari 2012-2021
Ingin Kuliah Gratis di Dalam Maupun di Luar Negeri? Ikuti Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 yang Dibuka Pemerintah
Menkeu: Dana Abadi Pendidikan Indonesia Capai Rp99,1 Triliun

Editor: Rianto

0 comments:

Post a Comment