Rest Area Gunung Mas Puncak akan Dibangun dengan Biaya Rp52,9 Miliar, Siap Tampung 516 PKL

Rest Area Gunung Mas Puncak akan Dibangun dengan Biaya Rp52,9 Miliar, Siap Tampung 516 PKL
Ilustrasi. KemenPUPR akan bangun Rest Area Gunung Mas Puncak seluas 7 ha, dengan total anggaran sebesar Rp52,9 miliar. (Foto: Dok. KemenPUPR)

JAKARTA - Forumpublik.com | Rest Area Gunung Mas Puncak seluas 7 ha akan dibangun mulai September 2020 - Desember 2021 dengan total anggaran sebesar Rp52,9 miliar oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR).

Selanjutnya rest area ini siap digunakan untuk 516 Pedagang Kaki Lima (PKL) atau usaha mikro.

"Selain berfungsi untuk tempat singgah pengendara, kehadiran rest area juga didorong untuk dapat memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi masyarakat lokal melalui penyediaan kios-kios bagi usaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produk dan kuliner lokal," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Jumat (4/03/2022).

Rest area ini merupakan bagian dari dukungan penataan Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kegiatan agrowisata pasca pandemi COVID-19.

Baca juga: 99 Warga Negara Indonesia Dievakuasi Keluar Dari Ukraina

Selain itu, pembangunan rest area ini juga merupakan salah satu upaya jangka panjang dalam mengurangi risiko terjadinya longsor pada jalur Puncak akibat adanya perubahan pemanfaatan ruang, curah hujan tinggi, dan kondisi topografi.

Sebagai informasi, rest area juga dilengkapi sejumlah fasilitas utama, yakni 3 area parkir seluas 1.774 m2 yang mampu menampung sekitar 500 mobil, masjid seluas 576 m2, dan plaza pandang seluas 572,27 m2.

Tersedia juga meeting point untuk evakuasi pengunjung jika terjadi bencana, docking station, taman atau ruang terbuka hijau, amphitheater, kolam retensi, Tempat Pengelolaan Sampah (TPS), serta toilet umum.

Lihat juga:
Panglima TNI Andika Perkasa Terkonfirmasi Positif Covid-19
Luncurkan TBM MRT Fase 2A, Jokowi Dorong Keberlanjutan Transportasi Modern, Nyaman, dan Terintegrasi
Pemerintah Melalui LPDP Telah Berikan Beasiswa Rp14,9 Triliun dari 2012-2021
Ingin Kuliah Gratis di Dalam Maupun di Luar Negeri? Ikuti Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 yang Dibuka Pemerintah
Menkeu: Dana Abadi Pendidikan Indonesia Capai Rp99,1 Triliun

Editor: Rianto


0 comments:

Post a Comment