Khawatir Virus Corona, Facebook Batalkan Konferensi di Amerika

Ilustrasi Facebook. (123RF)

Jakarta
-- Forumpublik.com
Facebook membatalkan konferensi tahunan yang diselenggarakan di San Francisco, Amerika Serikat. Keputusan dilakukan karena takut akan wabah Virus Corona alias Covid-19 yang pertama kali mewabah di Kota Wuhan, Hubei, China.

Melansir Business Insider, Facebook mengaku khawatir dengan Covid-19 yang terus mewabah ke berbagai negara, salah satunya Amerika Serikat.

Sehingga, mereka memutuskan untuk membatalkan acara konferensi pemasaran tahunan yang diikuti 5 ribu peserta dari berbagai negara di Kota Moscone Center, Distrik SOMA, pada 9 hingga 12 Maret 2020.

"Karena sangat berhati-hati, kami membatalkan KTT Pemasaran Global kami karena berkembangnya risiko kesehatan masyarakat terkait dengan coronavirus," kata juru bicara Facebook Anthony Harrison.

Covid-19 diketahui telah menginfeksi lebih dari 60 ribu orang dan 1.370 orang dinyatakan meninggal akibat virus tersebut. Sedangkan di AS, setidaknya 15 kasus Covid-19 ditemukan di tujuh negara bagian , di mana kasus ke-15 dikonfirmasi ditemukan di dekan San Antonio, Texas, pada Kamis (13/2).

Pembantalan konferensi yang dilakukan oleh Facebook dilakukan tak lama setelah pembatalan acara pameran teknologi Mobile World Summit (MWC) di Barcelona yang berlangsung akhir Februari 2020.

Facebook, sebagai salah satu perusahaan bersama Amazon, Intel, hingga Sony dinyatakan menyatakan mengundurkan diri dari acara itu sehingga penyelenggara membatalkan acara.

Selain itu, Facebook juga mengikuti keputusan Oracle yang memindahkan konferensi tahunan, yakni OpenWorld dari Mascone Center San Francisco ke Las Vegas. Pembatalan terjadi karena masukan peserta yang mengelurkan tingginya biaya sewa, tarif hotel, kondisi jalan yang buruk.

Pemindahan acara itu membuat San Fransico kehilangan pemasukan sebesar US$64 juta. Meski tahun ini batal, juru bicara Travel San Francisco mengatakan bahwa Facebook masih berniat untuk mengadakan KTT di San Francisco di masa depan.

"Facebook telah meyakinkan kami bahwa itu tidak terkait dengan San Francisco secara khusus dan kami berharap dapat menyambut mereka kembali pada 2021, 2022 dan seterusnya," Joe D'Alessandro, presiden dan CEO San Francisco Travel.

Melansir Vox, KTT pemasaran Facebook adalah contoh pertama yang dilaporkan secara publik tentang suatu acara di San Francisco yang dibatalkan karena virus. 

Keputusan Facebook untuk membatalkan konferensi karena Covid-19 adalah contoh kuat tentang bagaimana ketakutan terhadap virus corona mempengaruhi bisnis sehari-hari di industri teknologi.

Beberapa perusahaan teknologi dan profesional di Bay Area bahkan mengeluarkan kebijakan tanpa jabat tangan dalam pertemuan bisnis, mengenakan masker pada transportasi umum, dan meminta orang untuk bekerja dari rumah.

Google baru-baru ini juga diketahui memasang imbauan di bagian luar kamar mandi di dua kantornya di Bay Area. Google mengingatkan karyawannya untuk mencuci tangan dan mengenakan masker. Imbauan itu disertai tautan situs tentang pencegahan infeksi Covid-19.

Lihat juga:
Batan: Indonesia Jadi Satu-satunya Pusat Kolaborasi Nuklir Dunia
MPR Bangun Sinergi Bersama Himapol, Sebagai Solusi Menangkal Radikalisme
Program 2020, Dukungan Infrastruktur Lima KSPN Prioritas akan Perkecil Ketimpangan Antar Daerah
Kuasa Hukum Penggugat New Female Apartment Minta Hakim PN Depok Sidang Pemeriksaan Setempat
Kementerian PUPR Rehabilitasi Sekolah 1.679 dan 179 Madrasah Tahun 2019
Cegah Serangan, BSSN Bangun Pusat Koordinasi Keamanan Siber Nasional


(CNN/jps/DAL)

loading...

1 komentar:

  1. Tabarokalloohutaalaa SMG BANGUNAN berguna/manfaat Fiddiini waddunya hattal Ahiroh AAMIIIN dan pps Salfiyah Miftahul Jannah Ds Siliwangi kecamatan Singkut sarolangun Jambi Indonesia..belum pernah dapat batuan bangunan sampai sekarang smg kedepan dapat bangunan ini sangat2 darurat kamar mandi dan WCE untuk santri putra dan putri..Jazakallooh waba rokallooh fiddinii wanyaa wal akhiroh AAMIIIN.🙏

    ReplyDelete