Lawan Krisis Perubahan Iklim, Jeff Bezos Kucurkan Dana Rp136 T

Lawan Krisis Perubahan Iklim, Jeff Bezos Kucurkan Dana  Rp136 T
CEO Amazon Jeff Bezos. (David Ryder | Getty Images/cnbc)

Jakarta
-- Forumpublik.com
Jeff Bezos, kepala eksekutif Amazon dan orang terkaya di dunia, mengatakan pada hari Senin bahwa ia berkomitmen akan mengucurkan dana US$ 10 miliar atau setara Rp136,7 triliun (US$1 = Rp13.670) untuk mengatasi krisis iklim dalam inisiatif baru yang ia sebut Bezos Earth Fund.

Upaya ini akan mendanai para ilmuwan, aktivis, dan organisasi nonpemerintah, katanya dalam sebuah posting di Instagram. Bezos, yang telah didorong oleh karyawan Amazon tentang masalah iklim, mengatakan dia berharap untuk mulai mengeluarkan hibah musim panas ini.

Pengumuman ini disampaikan melalui akun instagramnya @jeffbezos, sekaligus peluncuran Bezos Earth Fund.


Untuk diketahui Bezos diprediksi memiliki kekayaan bersih lebih dari US$130 miliar atau sekitar Rp1.820 triliun. Bezos sempat 'kehilangan' uang hingga uS$10 miliar atau Rp140 triliun pada tahun lalu. Kendati demikian ia masih tercatat menjadi orang terkaya di dunia.

Dalam postingannya, ia berharap dana ratusan triliun yang ia sumbangkan tersebut bisa membantu para ilmuwan, aktivis, LSM, dan "segala upaya yang menawarkan kemungkinan nyata" untuk membantu melindungi bumi dari dampak perubahan iklim.

"Kita bisa menyelamatkan Bumi. Ini bisa dilakukan melalui tindakan-tindakan kolektif dari perusahaan besar, kecil, negara, organisasi global, dan individu," tulis Bezos.

Dikabarkan bahwa dana tersebut bakal mulai didistribusikan di musim panas ini.

Bezos dikenal sebagai orang yang cukup dermawan. Pada 2018, ia menyumbangkan dana senilai US$ 2 miliar ke yayasan dana amal yang ia dirikan untuk membantu para tunawisma dan membangun jaringan sekolah baru.

Lihat juga:

(CNN/mik)

loading...

0 komentar:

Post a comment