Uber Menerima Lebih dari 3.000 Laporan Tentang Pelecehan Seksual di AS 2018

Uber Menerima Lebih dari 3.000 Laporan Tentang Pelecehan Seksual di AS 2018
Ride-hailing firm Uber Technologies Inc said it received over 3,000 reports of sexual assault related to its 1.3 billion rides in the United States last year. (Reuters)

Forumpublik.com | Uber Technologies Inc, perusahaan jaringan transportasi asal San Francisco, California yang naik wahana ini mengatakan telah menerima lebih dari 3.000 laporan tentang kekerasan seksual terkait 1,3 miliar di Amerika Serikat (A.S) tahun lalu, dalam sebuah laporan yang bertujuan untuk memastikan pengemudi dan masyarakat serius tentang keselamatan.

Angka tersebut mewakili penurunan 16% dalam tingkat insiden dari tahun sebelumnya dalam lima kategori paling serius dari serangan seksual yang dilaporkan, Uber mengatakan pada hari Kamis dalam laporan keselamatan A.S dua tahunan pertama.

Perusahaan itu juga mengatakan laporan serangan terhadap penumpang mengabaikan risiko bagi pengemudi karena pengendara menyumbang sekitar setengah dari tersangka.

Laporan setebal 84 halaman itu muncul hampir dua minggu setelah Uber mengatakan akan mengajukan banding atas kehilangan lisensi untuk membawa penumpang di London atas "pola kegagalan" pada keselamatan dan keamanan.

Uber, yang di masa lalu telah menghadapi kritik atas keselamatan pada platformnya dan telah berulang kali dipukul dengan tuntutan hukum atas kesalahan pengemudi, tahun lalu berkomitmen untuk merilis laporan keselamatan sebagai tanda perubahan budaya di bawah CEO baru.

Perusahaan itu, yang beroperasi di 70 negara, mengatakan laporan itu menunjukkan komitmennya terhadap transparansi untuk meningkatkan akuntabilitas dan keselamatan industri di seluruh dunia. Dikatakan akan menggunakan apa yang dipelajarinya menghasilkan laporan untuk "langkah selanjutnya" di tempat lain.

“Saya menduga banyak orang akan terkejut melihat betapa jarangnya insiden ini; orang lain akan berpikir bahwa mereka masih terlalu umum. Beberapa orang akan menghargai seberapa banyak yang kami lakukan pada keselamatan; yang lain akan mengatakan kita memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Mereka semua akan benar, ”tweeted Chief Executive Officer Dara Khosrowshahi.

Dalam laporan itu, Uber mengatakan 99,9% dari 2,3 miliar perjalanannya di A.S pada 2017 dan 2018 berakhir tanpa insiden keselamatan.

Dikatakan menerima 235 laporan "penetrasi seksual non-konsensual" tahun lalu dan 280 "percobaan penetrasi seksual non-konsensual" - hampir semua diajukan oleh perempuan. Laporan serangan yang tersisa termasuk insiden ciuman yang tidak diinginkan atau menyentuh bagian tubuh.

Laporan itu juga merinci 10 serangan fisik fatal pada 2017 dan sembilan pada 2018 - delapan korban adalah pembalap, tujuh adalah pengemudi yang menggunakan aplikasi Uber, dan empat adalah pihak ketiga seperti para pengamat.

Pada sebuah acara pada hari Rabu, Khosrowshahi mengatakan dia memprioritaskan meningkatkan budaya dan keselamatan Uber ketika mengambil perannya pada 2017. Pada saat itu, Uber sedang berurusan dengan kejatuhan peraturan dan reaksi publik atas praktik bisnisnya, memaksa mantan CEO dan pendiri Travis Kalanick untuk mundur .

"Kami harus mengubah budaya secara internal dan kami hanya harus melakukan hal yang benar," kata Khosrowshahi, menambahkan bahwa Uber tidak menyembunyikan apa pun dengan menerbitkan informasi internal.

Rival Lyft Inc dalam sebuah pernyataan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk merilis laporan keselamatannya sendiri dan berbagi informasi tentang pengemudi yang tidak aman. Itu tidak menyebutkan tanggal rilis untuk laporannya.

Pemeriksaan Latar Belakang

Uber mengatakan menempatkan driver melalui pemeriksaan latar belakang yang kuat sebelum menerima mereka ke platformnya. Dalam laporannya, dikatakan satu juta driver gagal lulus tes skrining pada 2017 dan 2018 dan lebih dari 40.000 dihapus dari aplikasi setelah lapisan skrining tambahan.

Regulator telah lama mengatakan proses penyaringan Uber tidak memadai dan lebih rendah daripada yang ada di tempat untuk supir taksi, dengan beberapa kota di A.S berusaha untuk memaksa Uber untuk mengamanatkan sidik jari pengemudi.

Kota New York saat ini adalah satu-satunya kota di A.S di mana pengemudi harus memberikan sidik jari dan menjalani persyaratan lisensi yang sama dengan pengemudi taksi biasa.

Komisi Taksi dan Limusin Kota New York dalam menanggapi laporan keselamatan Uber pada hari Kamis mengatakan tidak ada pengganti untuk pemeriksaan latar belakang berdasarkan sidik jari. "Mereka adalah cara terbaik untuk mencegah pengemudi yang memiliki catatan kriminal," kata Plt Komisaris Heinzen dalam sebuah pernyataan.

Seorang juru bicara Uber pada hari Kamis mengatakan proses penyaringan perusahaan itu kuat dan ketat, dan lebih dapat diandalkan daripada database untuk sidik jari di mana dia mengatakan tidak semua kejahatan diperbarui segera.

Harga saham Uber turun 1,57% dalam perdagangan setelah jam di $ 28,20.

Lihat juga:

(Reuters by Tina Bellon)

0 comments:

Post a Comment