Taksi Tanpa Sopir akan Tersedia di Phoenix 'Dalam Beberapa Minggu'

Taksi Tanpa Sopir akan Tersedia di Phoenix 'Dalam Beberapa Minggu'
Anggota masyarakat akan diberi akses ke aplikasi yang memungkinkan mereka memanggil taksi tanpa pengemudi. (Foto: Sidd Dhimaan/Topspeed)

JAKARTA - Forumpublik.com | Orang-orang di Phoenix, Arizona akan segera dapat memesan taksi tanpa pengemudi, karena Google memperluas layanan Waymo-nya.

Kendaraan tanpa pengemudi manusia sebelumnya telah diuji oleh sekelompok pelanggan Waymo terpilih, sebelum pandemi virus corona (Covid-19) menghentikan layanan.

Mobil-mobil bebas pengemudi awalnya, hanya akan tersedia untuk teman dan keluarga pengguna Waymo awal tersebut, tetapi akan meluas ke semua pengguna aplikasi dalam beberapa minggu.

Mobil-mobil itu akan dipantau dari jarak jauh, dengan operator kendaraan ikut campur dalam keadaan ekstrim - seperti penutupan jalan di depan.

Baca juga: Pemerintah Kebut Proyek Batang untuk 17 Pabrik yang Antre Relokasi ke RI

Menurut Ars Technica, mobil awalnya hanya akan mencakup area 50 mil persegi (130 km persegi) di pinggiran Phoenix Chandler, Tempe dan Mesa.

Perusahaan belum memberikan perincian tentang berapa banyak orang yang akan diberi akses ke aplikasi yang memungkinkan mereka memanggil taksi tanpa pengemudi.

Pihak perusahaan berharap layanan mereka tanpa pengemudi, dapat menjadi sangat populer.

"Dan kami berterima kasih kepada pengendara kami atas kesabaran mereka saat kami meningkatkan ketersediaan untuk melayani permintaan," ucap Ars Technica, melansir dari bbc.com, Senin (12/10/2020).

Waymo memiliki sekitar 600 mobil dalam armadanya, tetapi tidak disebutkan berapa banyak dari mobil tersebut yang akan beroperasi dalam layanan baru tersebut.

Baca juga: Bank Dunia Naikkan Peringkat RI jadi Upper Middle Income Country

Sebelum pandemi 
Covid-19, kendaraan bebas pengemudi menyediakan 5-10% tumpangan (dari 1.000-2.000 perjalanan per minggu) di zona yang ditentukan di sekitar Phoenix. 

Akhir tahun ini, perusahaan berharap untuk memperkenalkan kembali perjalanan dengan operator kendaraan dalam mobil, dengan pembatas antara kursi penumpang depan dan belakang, untuk memastikan mereka aman dari 
Covid-19.

"Kendaraan tambahan akan menambah kapasitas dan memungkinkan kami melayani wilayah geografis yang luas", kata 
Ars Technica.

Chris Jones, seorang analis otomotif di perusahaan riset Canalys, mengatakan Waymo saat ini adalah pemimpin yang jelas dalam teknologi tanpa pengemudi, dan sekarang harus membujuk orang untuk masuk ke dalam mobil tanpa pengemudi manusia.

"Kami telah melihat kekhawatiran tentang masuk ke kendaraan bersama karena pandemi - dan pemesanan Uber, misalnya, telah turun secara signifikan," jelas Jones.

"Orang-orang mengenal Waymo - mereka telah menguji di Phoenix selama bertahun-tahun. Kepercayaan akan menjadi penting seperti yang ditanyakan orang, misalnya: apakah saya akan memasukkan putri saya ke Waymo untuk membawanya ke sekolah?"

Tahap selanjutnya untuk perusahaan akan memperluas layanannya ke kota-kota lain di sekitar AS, tambahnya.


loading...

0 komentar:

Post a comment