Trump Tergeser, Pelat Nomor Kepresidenan AS 'The Beast' Diganti '46' untuk Biden

'The Beast' membawa Presiden baru Joe Biden dan Ibu Negara Dr Jill Biden, yang diubah platnya menjadi '46,' yang berarti presiden ke-46, di Washington DC, Rabu (20/01/2021). (Foto: dailymail.co.uk/@EVA)

JAKARTA - Forumpublik.com | Limosin kepresidenan terlihat di Washington DC, hari Rabu (20/01/2021 dengan plat nomor baru yang menandai dimulainya masa jabatan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Peresmian Joe Biden melihat Secret Service mengenakan prosesi iring-iringan mobil terbesar dalam sejarah, karena setidaknya tujuh limusin 'Beast' dan armada mobil lapis baja mengangkut presiden dan wakil presiden baru melalui ibu kota negara.

Tujuh limusin kepresidenan lapis baja, yang dijuluki Beasts, terlihat mengemudi melalui Washington DC yang diapit oleh puluhan SUV berbenteng dan kendaraan pendukung setelah upacara pelantikan.

Prosesi mammoth membawa Biden, Ibu Negara Jill Biden, Wakil Presiden Kamala Harris dan Pria Kedua Doug Emhoff ke Pemakaman Arlington sebelum melakukan parade kembali ke Gedung Putih.

Presiden AS Joe Biden memasuki Gedung Putih pada tanggal 20 (waktu setempat) dengan kendaraan kepresidenan bernama 'The Beast'.

Yang bersejarah pertama kali menduduki puncak hari pertama lainnya ketika Biden menjadi orang tertua yang pernah dilantik sebagai presiden dan Kamala Harris menjadi wanita pertama, orang kulit hitam dan orang Asia-Amerika yang dilantik sebagai wakil presiden. 

Trump Tergeser, Pelat Nomor Kepresidenan AS 'The Beast' Diganti '46' untuk Biden
Iring-iringan mobil diapit oleh puluhan SUV berbenteng dan kendaraan pendukung setelah upacara peresmian Presiden AS Joe Biden. (Foto: dailymail.co.uk/@AP)

Fox News melaporkan bahwa itu tidak dibuat secara terpisah untuk pemilik baru Gedung Putih, tetapi hanya plat nomor yang diubah menjadi '46,' yang berarti presiden ke-46.

Beast adalah limusin Cadalac yang diproduksi GM untuk presiden AS. Nama resminya adalah 'Cadillac One', dan itu dijuluki 'Beast' or'Beast' karena penampilannya yang berat.

The Beast yang digunakan Biden diduga bukan mobil baru, unit ini diperkirakan warisan Trump yang sudah memakainya sejak 2018.

Walau begitu, menurut Fox News, Secret Service tidak merespons pertanyaan terkait apakah unit yang digunakan Biden sama seperti digunakan Trump atau mobil baru. 

Adapun bagian dalam mobil dilengkapi dengan fitur canggih, sehingga disebut "rumah putih yang bergerak. Panjangnya 5,5m dan terlihat seperti mobil penumpang besar, tetapi dilengkapi dengan berbagai perangkat dan beratnya 9 ton.

Kaca anti peluru setebal 13cm tidak dapat ditusuk dengan sebagian besar peluru. Ini melindungi penghuni terhadap serangan menggunakan bahan peledak improvisasi (ID) dan senjata kimia.

Jendela tidak dapat dibuka kecuali 8cm di sisi kursi pengemudi. Tidak ada lubang kunci di pintu mobil, dan hanya pengawal kendaraan yang tahu cara membukanya.

Diketahui bahwa itu dapat berjalan bahkan jika ditusuk dan memiliki kamera penglihatan malam, tembakan gas air mata, alat pemadam kebakaran, pasokan oksigen internal, transfusi darah, dan shotgun yang harganya diperkirakan sekitar 1,7 miliar won.

General Motors diketahui telah mengirim Cadillac baru ke Secret Service pada 2018 semasa pemerintahan Trump. Mobil ini sama seperti generasi mobil kepresiden sebelumnya namun dimengerti telah banyak mendapat pembaruan seperti perlindungan senjata kimia dan bom.

Car And Driver menjelaskan Secret Service tidak pernah mengungkap detail spesifikasi The Beast, walau begitu dipahami basisnya adalah truk GMC TopKick namun bodinya dirancang seperti sedan Cadillac CT6 atau XTS yang sudah diperpanjang.

Eksterior sedan bisa jadi mengecoh dimensinya, padahal sebenarnya ukuran The Beast lebih besar dari SUV atau truk.

Lihat juga:
loading...

0 komentar:

Post a comment