Kalahkan Timnas Denmark, Inggris ke Final Jumpa Italia Piala Euro 2020

Kalahkan Timnas Denmark, Inggris ke Final Jumpa Italia Piala Euro 2020
Kapten timnas Inggris Harry Kane (tengah) bersama bersama rekan se tim setelah pertandingan semifinal EURO 2020 melawan Denmark di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7/2021) dinihari WIB. (Foto: Carl Recine/Pool via Reuters).

LONDON - Forumpublik.com | Timnas Inggris berhasil lolos ke final dengan menyingkirkan Tim Dinamit Denmark, di babak semifinal Euro 2020, di Stadion Wembley, Kamis (8/7/2021) dinihari WIB. Kedua kesebelasan bermain kuat 1-1 hingga 2x45 menit.

Denmark unggul lebih dulu melalui gol tendangan bebas Mikkel Damsgaard pada menit ke-30. Inggris menyamakan kedudukan sembilan menit berselang via gol bunuh diri Simon Kjaer. Laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Harry Kane tampil sebagai pahlawan Inggris berkat golnya di menit ke-104, memaksimalkan bola muntah tendangan penaltinya yang ditepis Kasper Schmeichel. Skor 2-1 untuk The Three Lions bertahan hingga babak tambahan tuntas.

The Three Lions memimpin penguasaan bola dengan 58 persen. Dari segi peluang, timnas Inggris memiliki 21 yang 10 di antaranya mengarah tepat sasaran.

Adapun timnas Denmark mempunyai 6 kesempatan dengan 3 menuju ke gawang. Menekan sejak awal pertandingan, Inggris dikejutkan dengan gol Denmark pada menit ke-30.

Timnas Inggris, yang sebelumnya tak pernah kemasukan di EURO 2020, akhirnya kebobolan oleh penyerang Denmark, Mikkel Damsgaard, mencetak gol free-kick.

Damsgaard melepaskan tendangan melengkung kaki kanan yang bisa melewati pagar betis Inggris. Bola sepakan Damsgaard melayang mulus di atas kepala kapten Inggris, Harry Kane. Denmark unggul 1-0.

Timnas Inggris nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-38. Winger Inggris, Raheem Sterling, meluncurkan sontekan kaki kanan dari dalam kotak penalti Denmark.

Baca juga: Italia ke Final Euro 2020 Usai Menang Adu Penalti atas Spanyol

Namun, kiper Denmark, Kasper Schmeichel, dengan brilian menepis bola menggunakan perut. Inggris akhirnya mengubah kedudukan menjadi seri 1-1 melalui gol bunuh diri bek Denmark, Simon Kjaer.

Proses gol Inggris bermula dari umpan datar Bukayo Saka dari dalam kotak penalti Denmark. Bola meluncur deras ke mulut gawang Denmark, di mana Raheem Sterling sudah menunggu si kulit bulat.

Akan tetapi, Kjaer berusaha memotong bola dengan tekel, yang justru membuat si kulit bulat masuk ke gawang sendiri.

Skor imbang 1-1 bertahan sampai turun minum dan memasuki babak kedua, timnas Inggris tetap memegang kendali permainan. Pada menit ke-55, Inggris hampir membalikkan skor.

Menerima umpan tendangan bebas dari Mason Mount, Harry Maguire menyundul bola.

Bola tandukan Maguire, yang mengarah ke sisi kanan bawah gawang Denmark, bisa ditepis Kasper Schmeichel dengan susah payah.

Kedudukan 1-1 tetap tidak berubah hingga waktu normal selesai. Laga pun berlanjut ke babak tambahan.

Langsung menggempur sejak awal babak perpanjangan waktu, timnas Inggris memberi ancaman pembuka ke timnas Denmark pada menit ke-94.

Striker Inggris, Harry Kane, menghunjamkan tembakan keras kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Menyambut bola datar dari Kane, Kasper Schmeichel dengan cekatan menepis si kulit bulat.

Pada menit ke-102, Inggris mendapatkan penalti.

Harry Kane, yang maju sebagai eksekutor, meluncurkan tendangan datar kaki kanan ke sisi kiri gawang Denmark.

Kasper Schmeichel dengan fantastis menepis bola, tetapi Kane langsung menyambar kembali si kulit bulat lewat sepakan kaki kanan. Inggris memimpin 2-1.

Skor 2-1 untuk kemenangan Inggris tetap tidak berubah hingga wasit Danny Makkelie meniupkan peluit tanda berakhirnya laga.

Timnas Inggris mengukir sejarah untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di laga final EURO.

Pada partai final Piala Eropa 2020, timnas Inggris akan melawan timnas Italia di Stadion Wembley, Minggu (11/7/2021) waktu setempat atau Senin pukul 02.00 WIB.

Kemenangan ini mengantarkan Inggris ke final Piala Eropa untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Skuad asuhan Gareth Southgate sudah ditunggu Italia di partai pamungkas.

Final Euro 2020 dijadwalkan berlangsung pada Senin (12/7) dinihari WIB. Stadion Wembley ditunjuk sebagai arena pertarungan Italia vs Inggris.

Susunan pemain:

Inggris (4-2-3-1): 1-Jordan Pickford; 2-Kyle Walker, 6-Harry Maguire, 5-John Stones, 3-Luke Shaw; 14-Kalvin Phillips, 4-Declan Rice (8-Jordan Henderson 95'); 19-Mason Mount (20-Phil Foden 95'), 25-Bukayo Saka (7-Jack Grealish 69' (12-Kieran Trippier 105')), 10-Raheem Sterling; 9-Harry Kane

Pelatih: Gareth Southgate

Denmark (3-4-3): 1-Kasper Schmeichel; 4-Simon Kjaer, 3-Jannik Vestergaard (19-Jonas Wind 105'), 6-Andreas Christensen (2-Joachim Andersen 79'); 17-Jens Stryger Larsen (18-Daniel Wass 67'), 5-Joakim Maehle, 8-Thomas Delaney (24-Mathias Jensen 88'), 23-Pierre-Emile Hojbjerg; 14-Mikkel Damsgaard (20-Yussuf Poulsen 67'), 9-Martin Braithwaite, 12-Kasper Dolberg (15-Christian Norgaard 67')

Pelatih: Kasper Hjulmand

Lihat juga:
Kalahkan Kolombia Lewat Adu Penalti, Argentina Hadapi Brasil di Final Copa America 2021
Tuan Rumah Olimpiade 2032, Jokowi Terbitkan Keppres Panitia Pencalonan

Editor: Rianto

0 comments:

Post a Comment