Anies-Cak Imin Resmi Daftar Capres-Cawapres Pilpres 2024 ke KPU

Anies-Cak Imin Resmi Daftar Capres-Cawapres Pilpres 2024 ke KPU
Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyerahkan syarat pencalonan menjadi presiden dan wakil presiden kepada Ketua KPU Hasyim AsyĆ¢€™ari, di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp/pri. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

JAKARTA - Forumpublik.com | Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi didaftarkan sebagai pasangan calon Presiden (Capres)-calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Mereka didaftarkan oleh gabungan tiga partai politik di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Anies, Muhaimin alias Cak Imin, serta elite partai pengusungnya masuk ke ruang pendaftaran di aula lantai dua gedung KPU RI sekitar pukul 10.00 WIB.

Pasangan ini menjadi pasangan yang pertama mendaftar di KPU sebagai bakal pasangan Capres dan Cawapres 2024.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang hadir pada pendaftaran tersebut, menyampaikan pidato singkat di dalam ruangan pendaftaran. Dia menyatakan bahwa Partai Nasdem, PKB, dan PKS datang ke Kantor KPU RI untuk mendaftarkan Anies dan Imin sebagai capres-cawapres Pilpres 2024.

Setelah itu, sekretaris jenderal (sekjen) tiga partai politik tersebut menyerahkan dokumen persyaratan pengusungan pasangan Anies-Imin kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. Anies lalu menyampaikan pidato singkat.

"Terima kasih, apresiasi, kepada Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu yang telah berkenan untuk menerima kami pagi hari ini sesuai dengan apa yang kami harapkan untuk bisa mendaftar di hari pertama, hari ini," kata Anies.

Anies juga menyebut, partai pengusungnya telah membawa dokumen persyaratan lengkap. Dia menyebut, pengusungan dirinya adalah sebuah misi besar.

Baca juga: Pilpres 2024, Ganjar-Mahfud Resmi Daftar Capres-Cawapres ke KPU

Di KPU, Anies sediri membeberkan gagasan perubahan usai mendaftar.

Ia mengatakan, membawa gagasan perubahan untuk dirasakan keluarga-keluarga di Indonesia.

"Kita menginginkan agar kebutuhan pokok menjadi terjangkau," ucapnya.

Ia menegaskan menginginkan semua orang mendapat kesetaraan kesempatan untuk bekerja, termasuk pendidikan kesehatan yang lebih baik. Gagasan dasarnya, tegasnya, adalah perubahan menghadirkan kesetaraan keadilan.

"Itu yang kami bawa," katanya lagi.

KPU sendiri telah menyatakan berkas pendaftaran Anies dan Cak Imin lengkap. KPU akan melakukan verifikasi terhadap dokumen-dokumen setelahnya.

"Oleh karena itu nanti secara administratif yang kami terima ini nanti penilaiannya ukurannya adalah lengkap atau belum lengkap. Itu saja kira-kira. Ada yang belum lengkap masih bisa dilengkapi. Tapi sebelum sampai ke sini kan ada tim verifikasi dengan LO gabungan partai politik sudah diperiksa dinyatakan lengkap. Alhamdulillah," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

"Nah setelah ini nanti kita memasuki tahapan verifikasi yang ukurannya adalah dua. Apakah dokumennya benar atau belum, sah atau belum," tambahnya.

Pasangan Anies-Imin (Amin) diusung oleh Partai Nasdem yang punya 10,26 persen kursi di DPR, PKB dengan 10,09 persen kursi, dan PKS dengan 8,7 persen kursi.

Gabungan tiga partai politik tersebut total punya 29,05 persen kursi DPR sehingga telah melampaui syarat ambang batas pencalonan presiden, yakni 20 persen kursi DPR.

Diketahui pendaftaran bakal Capres dan Cawapres di Pilpres 2024 dimulai hari ini sampai 25 Oktober. Jika nantinya dokumen Anies dan Cak Imin dinyatakan belum benar atau belum sah, KPU akan memberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan.

Editor: Ari Tonang

0 comments:

Post a Comment