Pilpres 2024, Ganjar-Mahfud Resmi Daftar Capres-Cawapres ke KPU

Pilpres 2024, Ganjar-Mahfud Resmi Daftar Capres-Cawapres ke KPU
Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo bersama bakal calon Wakil Presiden Mahfud MD tiba di Gedung KPU saat akan melakukan pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Umum 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjadi pasangan kedua yang mendaftar di KPU sebagai bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024. (Tangkapan Layar Youtube PDI Perjuangan)

JAKARTA - Forumpublik.com | Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftar sebagai calon presiden (Capres) dan wakil presiden (Cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024.

Duet tersebut didaftarkan oleh gabungan empat partai politik. Keduanya menyerahkan sejumlah berkas ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023) siang, sekitar pukul 13.10WIB.

Sebelum menyerahkan berkas pendaftaran, Megawati selaku pimpinan gabungan partai politik pengusung Ganjar-Mahfud yang hadir juga, menyampaikan pidato singkat.

Ia mengatakan, bahwa pihaknya telah mengunggah seluruh dokumen persyaratan pengusungan capres-cawapres ke aplikasi Silon KPU. Dokumen fisiknya juga dibawa dalam proses pendaftaran kali ini.

"Kami percayakan kepada KPU untuk melakukan verifikasi untuk seluruh dokumen-dokumen tersebut," kata Megawati.

Kemudian, Megawati menyerahkan dokumen fisik syarat pendaftaran pasangan Ganjar-Mahfud sebagai capres-cawapres Pilpres 2024 kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. Ganjar dan Mahfud lalu menyerahkan dokumen visi-misi tertulis dan barcode dokumen digitalnya kepada Hasyim.

"Saya bersama Pak Mahfud dan beserta istri hadir di sini bersama partai pengusung menyerahkan dokumen. Dan, bapak ibu dari Komisioner KPU sudah menerima lengkap. Mudah-mudahan jadi awal legalitas terpenuhi," kata Ganjar kepada wartawan.

"Insya Allah saya dan Pak Mahfud melalui visi misi progam yang disiapkan bisa membawa Indonesia jadi lebih lincah lagi," ujarnya.

"Dan tentu mohon dukungan kepada masyarakat dan mudah-mudahan KPU, Insya Allah pasti netral, memberi layanan terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara," tambahnya lagi.

Baca juga: Anies-Cak Imin Resmi Daftar Capres-Cawapres Pilpres 2024 ke KPU

Dalam kesempatan itu pun para ketua partai koalisi turut mendampingi. Mereka antara lain Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt Ketum PPP Mardiono, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

"Sebagai mana diketahui bahwa yang punya wewenang mendaftarkan adalah parpol atau gabungan parpol kepada KPU. Menyerahkan dokumen persyaratan pendaftaran ini ukurannya cuma satu apakah lengkap atau belum," kata Ketua KPU Hasyim Asyari.

"Dan sudah kami periksa dokumen paslon hari ini kami nyatakan lengkap," tambahnya merujuk berkas Ganjar-Mahfud.

"Kemudian tahap verifikasi atau penelitian administration. Verifikasi kategorinya dua apakah dokumen benar atau sah. Sehingga kalau ada dokumen ada yang tdk benar atau tbelum sah bisa dipenuhonjangka waktu verifikasi persyaratan," jelasnya.

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD diusung oleh PDIP yang punya 22,26 persen kursi di DPR dan PPP yang punya 3,3 persen kursi. Total kursi dua partai tersebut adalah 25,56 persen sehingga telah melampaui syarat ambang batas pencalonan presiden 20 persen kursi DPR.

Pasangan ini juga diusung oleh Perindo dan Partai Hanura. Meski tak punya kursi di parlemen, kedua partai tersebut punya perolehan suara hasil pemilu sebelumnya yang bisa dijadikan landasan untuk mengusung capres-cawapres.

Perindo meraih 2,67 persen suara pada Pemilu 2019, sedangkan Hanura dapat 1,54 persen suara. Jika dijumlahkan dengan raihan suara PDIP dan PPP, gabungan empat partai politik itu punya 28,06 persen suara hasil Pemilu 2019. Jumlah tersebut juga telah melampaui ambang batas pencalonan presiden berdasarkan suara, yakni 25 persen suara hasil pemilu sebelumnya.

Editor: Ari Tonang

0 comments:

Post a Comment