Berikut 6 Kawah Berpemandangan Menarik bak Lukisan di Indonesia

Berikut 6 Kawah Berpemandangan Menarik bak Lukisan di Indonesia
Kawah Kelimutu. (Istockphoto/goodnewsfromindonesia)

Jakarta, Forumpublik.com - Setelah erupsi pada Jumat (29/7), masyarakat masih diminta tak mendekati Gunung Tangkuban Parahu. Kegiatan wisata baru bisa kembali dilaksanakan setelah ada imbauan resmi dari pemerintah pusat.

Tangkuban Parahu bukan satu-satunya destinasi wisata kawah yang ada di Indonesia. Karena berada di "cincin api", sebenarnya ada banyak kawah-kawah yang sarat legenda dan edukasi yang bisa dikunjungi.

Bagi turis yang berencana wisata ke kawah-kawah gunung ini bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai bulan tepat berkunjung.

Jangan lupa juga mengindahkan imbauan resmi dari pemerintah pusat terkait keamanan berkunjung.

Tak ketinggalan, jangan berada terlalu dekat dengan kawah demi berfoto, karena sudah banyak korban jiwa yang berjatuhan akibat tak acuh terhadap peringatan bahaya.

1. Kawah Putih Ciwidey, Jawa Barat

Kawah ini tercipta akibat letusan Gunung Patuha, yang menyebabkan kawahnya mengandung belerang berwarna putih.

Kawah ini berada 50 km ke selatan Bandung, tak jauh dari Situ Patenggang.

Kecantikan kawah ini membuat banyak pasangan yang menjadikannya lokasi foto pra-pernikahan. Film 'Heart' yang dibintangi oleh Irwansyah, Nirina Zubir, dan Acha Septriasa juga syuting di sini.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta bisa masuk Tol Cipularang dan keluar di Pintu Tol Kopo, lalu melanjutkan perjalanan ke Soreang hingga Ciwidey.

Ciwidey. (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)

2. Kawah Ijen, Jawa Timur

Selain turis domestik, kawah ini juga ramai didatangi oleh turis mancanegara yang ingin melihat fenomena 'blue fire' atau api biru, yang hanya ada dua di dunia: Indonesia dan Islandia.

Bagi yang berencana ke sini sebaiknya ikut tur wisata yang ramai diselenggarakan dari Banyuwangi.

Selain ke Kawah Ijen, nantinya turis juga bisa mengeksplorasi Banyuwangi, seperti ke Taman Nasional Baluran atau menyelam di Pantai Bangsring.

Ijen. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

3. Kawah Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Bagi yang masih belum percaya kalau Indonesia memiliki segudang fenomena alam yang unik, cobalah datang ke Kawah Kelimutu.

Kawah yang berada di puncak Gunung Kelimutu, Flores, ini memiliki tiga warna dan berubah sesuai cuaca, terkadang biru-hijau-hitam dan terkadang putih-merah-biru.

Kelimutu. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

4. Kawah Sikidang Dieng, Jawa Tengah

Di kawah ini ada fenomena alam berupa munculnya gas bumi yang berpindah-pindah bak hewan kijang atau dalam bahasa lokal disebut sikidang.

Bukan cuma punya fenomena alam unik, Dataran Tinggi Dieng juga memiliki pemandangan yang cantik. Kalau bosan menginap di hotel, tak ada salahnya berkemah di Gunung Prau.

Sikidang Dieng. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

5. Kawah Galunggung, Jawa Barat

Selain Tangkuban Parahu, Ciwidey, dan Papandayan, Jawa Barat juga memiliki Kawah Galunggung yang tepatnya berada di Tasikmalaya.

Gunung Galunggung bisa dijangkau dari Desa Cisayong sekitar 30 menit. Gunung ini merupakan salah satu tambang pasir di Indonesia.

Pemandangan di sekitar Kawah Galunggung sangat hijau dan sejuk. Di sekitarnya juga bisa berkemah.

6. Kawah Bromo, Jawa Timur

Legenda dan ilmu pengetahuan berpadu menjadi satu di Bromo. Bukan cuma ramai didatangi pendaki, gunung ini juga sering didatangi peneliti dari berbagai belahan dunia untuk menyaksikan fenomena budaya Suku Tengger dan kekayaan belerangnya.

Menggapai Kawah Bromo tidak terlalu sulit, karena medannya terbilang landai. Pendaki pemula bisa dengan mudah mendatanginya.

Bromo. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

(Red/Cnn)


loading...

0 komentar:

Post a comment