Puluhan Orang Diambil Swab yang Kontak Erat pada Pasien 31 Covid-19 Tanjungpinang

Puluhan Orang Diambil Swab yang Kontak Erat pada Pasien 31 Covid-19 Tanjungpinang
Ilustrasi. Laboratorium UGM yang digunakan untuk Tes PCR Covid-19 untuk pengambilan swab. (Foto: ugm/Natasa Adelayanti)

TANJUNGPINANG
(KEPRI) - Forumpublik.com |
Tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau mendeteksi ada puluhan orang yang kontak erat dengan AS, Pasien Nomor 31 Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Rustam, mengatakan, seluruh orang yang kontak erat dengan AS diambil swab dari tubuhnya sejak kemarin untuk diperiksa dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), di Tanjungpinang, Sabtu (25/7/20).

"Untuk memastikan mereka tertular atau tidak, diambil swab untuk diperiksa dengan metode PCR. Mereka juga menjalani karantina mandiri sambil menunggu hasil PCR," katanya.

Rustam menjelaskan orang-orang yang melakukan kontak erat dengan AS terdiri dari tim TNI AL sebanyak 25 orang, dan pemain di Lapangan Badminton Mahakam sebanyak 25 orang.

Sebanyak 22 orang anggota TNI AL sudah diambil swab, sementara tiga orang lainnya menyusul lantaran saat ini masih di Dabo Singkep.

"25 orang yang kontak erat di Lapangan Mahakam sudah diambil swab dari tubuhnya," ujarnya.

Baca juga: Sekolah Tangguh Terbentuk di SMAN 12 Batam, Strategi Ampuh Lawan Covid-19 di Lingkungan Sekolah

Selain itu, tenaga kesehatan juga mendeteksi empat orang kru pesawat saat ini masih berada di Jakarta. Senin pekan depan baru diambil swab dari tubuhnya.

Tenaga kesehatan juga mendeteksi AS berinteraksi di Swalayan Bintan Rezeki. Karena itu, mereka besok melakukan penelusuran lebih mendalam di swalayan tersebut.

Tetangga rumah Pasien Nomor 31 di Batu 2 siabg tadi ditelusuri tim kesehatan Tanjung Unggat, dan Senin pekan dekan akan diswab.

"SMPN 5 ada 7 orang yang kontak dengan pasien. Senin bersedia untuk diswab," ujarnya.

Pemkot Tanjungpinang pada Jumat (24/7/20) mengemukakan penambahan tiga orang pasien Covid-19 dalam klaster keluarga. Pasien tersebut terdiri dari seorang nenek dan dua cucunya terkonfirmasi sebagai Pasien Nomor 30, 31 dan 32.

Pengumuman tiga pasien itu bersamaan dengan diumumkan Pasien Nomor 28 dinyatakan sembuh.

"Saat ini Tanjungpinang ada tiga pasien Covid-19," ucap Rustam.

Lihat juga:

Editor: Manto

0 comments:

Post a Comment