Terkonfirmasi Covid-19, Penambahan 3 Warga Tanjungpinang

Terkonfirmasi Covid-19, Penambahan 3 Warga Tanjungpinang
Ilustrasi. Pasien Covid-19. (Foto: Egyptindependent)

TANJUNGPINANG
(KEPRI) - Forumpublik.com |
 Baru berjalan sekitar 1,5 bulan, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjung Pinang, menerapkan New Normal atau menjalani kehidupan normal di tengah pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19), tiba-tiba Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kepulauan Riau (Kepri), mengumumkan penambahan tiga warga terinfeksi positif Covid-19.

Ke tiga Pasien tercatat tinggal di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang.

Pelaksana tugas (Plt) Wali kota Tanjung Pinang Rahma, yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tanjung Pinang, Rahma, menyampaikan, perkembangan Covid-19 Tanjungpinang, dengan penambahan tiga warga ini, maka hingga 24 Juli 2020, warga Tanjungpinang terjangkit positif Covid-19, berjumlah 32 orang, Jumat (24/7/20).

"Kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan warga Tanjungpinang sebagaimana hasil pemeriksaan swab dengan metode PCR yang baru di terima Gugus Tugas Covid-19, ungkap Rahma.

Penderita merupakan klaster dalam satu keluarga dan diidentifikasi sebagai pasien no 30, 31 dan 32 Kota Tanjungpinang. Berikut ini kami sampaikan informasi dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut :

1. Ny.RZ, Perempuan, usia 68 tahun, beralamat di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari.
2. AS, laki laki, usia 13 tahun, cucu dari Ny RZ, beralamat di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari.
3. AM, Perempuan, usia 9 tahun, cucu dari Ny RZ , beralamat di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari.

Pasien no. 30 dan 31 tidak menunjukkan gejala, tapi pasien no. 32 dengan gejala demam tinggi dan muntah-muntah.

Baca juga: KPU Kepri Segera Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih pada Pilkada 2020

Pasien-pasien ini memiliki riwayat kontak dengan Suspek Covid-19 yaitu menantu dari Ny RZ dan ayah dari AS dan AM, yang melakukan perjalanan ke daerah transmisi lokal Solo, Surabaya dan Jakarta.

Ketiga pasien merupakan satu keluarga dan ketiganya tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri maupun ke daerah terjangkit.

Pemeriksaan swab dilanjutkan dengan PCR tes pada tanggal 23 Juli 2020 di RSAL Midiyato.S dengan hasil “Positif Covid-19”.

Saat ini kondisi ketiga pasien stabil dan dikarantina di Rumah Singgah Provinsi Kepri.

Adapun tindak lanjut yang akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang adalah melaksanakan traking pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien, baik di rumah maupun lingkungan kerja, maupun tempat beraktifitas lainnya dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab atau Rapid Tes.

"Himbauan kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi hidup baru pada masa pandemi Covid19. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan lebih sering," himbau Rahma. (***)


Lihat juga:

Editor: Manto

0 comments:

Post a Comment