KPU: Kesiapan Pilkada di Kepri Capai 100 Persen

KPU: Kesiapan Pilkada di Kepri Capai 100 Persen
Ilustrasi. KPU: Kesiapan Pilkada di Kepri Capai 100 Persen. (Foto: Istimewa)

TANJUNGPINANG (KEPRI) - Forumpublik.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di wilayah itu sudah mencapai 100 persen.

Anggota KPU Kepri Arison mengatakan, jajaran penyelenggara pilkada hingga di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) siap melaksanakan tugas-tugasnya pada hari pemugutan suara 9 Desember 2020.

"Seluruh logistik Pilkada juga sudah didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota, termasuk ke pulau-pulau yang jauh dari perkotaan, ucap Arison di Tanjungpinang, Selasa (08/12/2020).

Jajaran penyelenggara Pilkada tingkat Kabupaten dan Kota, yang didukung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pihak Kepolisian dan TNI berhasil melewati tantangan dalam pendistribusian logistik Pilkada melalui jalur laut, meski kerap dihadang gelombang tinggi.

Ia mencontohkan logistik Pilkada tadi sore baru tiba di sejumlah pulau yang jauh dari Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan.

Logistik pilkada juga berhasil didistribusikan ke pulau-pulau yang jauh dari ibu kota Kabupaten Natuna maupun Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Desa di pulau-pulau yang jauh juga terdapat TPS sehingga distribusi logistik membutuhkan waktu karena hanya dapat diangkut dengan kapal," papar Arison.


Arison juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih di TPS.

Pemilih diharapkan tidak golput sehingga hak-haknya yang dilindungi konstitusi dapat bermanfaat untuk kemajuan daerah selama empat tahun mendatang.

"Kami mengimbau seluruh pemilih menggunakan hak suara mulai pukul 07.00-13.00 WIB. Taati Protokol Kesehatan (Protkes) saat menggunakan hak pilih di-TPS," katanya.

Arison mengemukakan hasil pilkada dapat diketahui setelah hari ketiga pemungutan suara melalui sistem rekapitulasi berbasis elektronik.

Namun hasil resmi, melalui pleno di tingkat kabupaten dan kota dapat diketahui pada 13-16 Desember 2020.

"Rapat pleno tingkat provinsi pada 16-20 Desember 2020. Namun kami menargetkan pada 18 Desember 2020 sudah ditetapkan hasil perolehan suara masing-masing kandidat pilkada," tuturnya.

Lihat juga:

loading...

0 komentar:

Post a comment