Wasekum DPP GAMKI Meminta IPW Mengerti Persoalan Mendasar Papua

Wasekum DPP GAMKI Meminta IPW Mengerti Persoalan Mendasar Papua
Ilustrasi. Anggota polisi tertembak saat melawan KKB Papua. (Foto: Dio Satire/Forumpublik.com)

JAKARTA - Forumpublik.com | Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane beberapa hari yang lalu mengatakan Papua adalah bagian kecil Indonesia. Neta mengeritik kinerja Baintelkam Polri yang hanya fokus kepada persoalan Papua saja.

Merespon pernyataan Ketua IPW, Wakil Sekretaris Umum (Wasekum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Yanuserius Zega menyampaikan bahwa Papua adalah bagian dari bangsa Indonesia.

Yanuserius mengatakan, yang mana selama puluhan tahun masyarakatnya, khususnya orang-orang asli Papua, telah mengalami kekerasan, diskriminasi, dan ketidakadilan.

“Papua adalah bagian dari bangsa Indonesia yang selama puluhan tahun, masyarakatnya, terkhusus orang-orang asli Papua, telah mengalami kekerasan, diskriminasi, dan ketidakadilan,” tegas Yanser akrab disapa, Rabu, (09/06/2021).

Baca juga: Sah, Partai Berkarya di Bawah Kepemimpinan Muchdi PR

Saat dimintai keterangan melalui WhatsApp pribadi, Yanser melihat saat ini masih ada ribuan pengungsi yang belum kembali ke rumah.

Hal ini dikarenakan konflik kekerasan yang terjadi di daerah mereka.

Luka dan sakit yang dirasakan masyarakat di Tanah Papua, adalah juga luka dan sakit yang dirasakan oleh seluruh bangsa Indonesia.

“Kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki pemahaman wawasan nusantara, ketika satu daerah tersakiti, maka daerah lain juga tersakiti. Maka hal itu tidak bisa lepas dari rasa sakit yang dirasakan oleh teman-teman di Papua," ucap Yanser.


0 comments:

Post a Comment