Berdayakan Sampah, Tukar Botol Plastik Gratis Tiket Kereta Keliling Roma

Berdayakan Sampah, Tukar Botol Plastik Gratis Tiket Kereta Keliling Roma
Ilustrasi. (congerdesign/Pixabay)

Kepri, Forumpublik.com - Botol plastik minuman sekali pakai mendominasi jenis sampah plastik yang menumpuk di penjuru dunia. Demi mengurangi hal tersebut, pemerintah kota Roma membolehkan penumpang transportasi umum untuk menukar botol plastik dengan selembar tiket kereta komuter atau bus.

Kampanye ini mirip dengan yang pernah dilakukan di Istanbul, Turki. Tentu saja program ini bisa membuat penumpang menghemat dana sambil menjaga kebersihan lingkungan dari ancaman sampah plastik.

Namun kampanye ini baru tersedia di tiga stasiun kereta, yakni Cipro - A line, Piramide - B line dan San Giovanni - C line.

Penumpang tinggal membawa botol plastik dan memasukannya ke sebuah mesin, yang lalu memberikan kredit tiket per botol.

Untuk satu botol dihargai lima sen. Jadi agar dapat kredit tiket sebesar 1,50 euro (sekitar Rp23 ribu), penumpang harus menukar 30 botol plastik.

Botol plastik yang ditukar bisa yang jenis 250 ml sampai 2 liter.

Botol yang telah masuk ke mesin akan dihancurkan untuk kebutuhan daur ulang. Kredit tiket bisa didapatkan jika telah mendaftar aplikasi myCicero atau Tabnet.

Ricicli+Viaggi (Daur ulang + Wisata) menjadi kampanye terbaru dari Roma atas inisiatif wali kotanya, Virginia Raggi, dan perusahaan transportasi Atac.

Selama 12 bulan mesin itu akan beroperasi sebagai langkah uji coba. Jika berhasil, stasiun-stasiun lain juga bisa merasakannya.

Italia adalah kota ke-empat yang paling kotor di Eropa. Jumlah sampah di kota ini disebut bisa mengisi Colosseum sebanyak 12 kali, seperti yang dikutip dari data Expert Market.

Tumpukan sampah paling sering ditemui saat liburan musim panas. Tong sampah yang terlalu penuh kadang membuat pemandangan kota menjadi tak apik lagi.


(Red/Cnn)


loading...

0 komentar:

Post a comment