BMKG Tanjungpinang Imbau Waspadai Ketinggian Gelombang Perairan Kepri

BMKG Tanjungpinang Imbau Waspadai Ketinggian Gelombang Perairan Kepri
Prakirawan BMKG Tanjungpinang mengamati kondisi cuaca, Senin (24/2/2020). BMKG Tanjungpinang mencatat peningkatan ketinggian gelombang di sebagian besar perairan Kepulauan Riau.. (Foto: Asikk3/kominfo.kepriprov)

Tanjungpinang (Kepri) -- Forumpublik.com | Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mencatat peningkatan tinggi gelombang di sejumlah perairan Kepulauan Riau dan mengimbau warga untuk mewaspadainya.

Pengamatan BMKG Tanjungpinang, Senin (24/2/20), ketinggian gelombang tertinggi terdapat di perairan utara Natuna dan Anambas. Di dua daerah ini, ombak berkisar antara 0,8 hingga 5 meter.

"Ketinggian gelombang meningkat khususnya saat pagi hingga sore hari. Dan akan berkurang pada malam hari," jelas Arditho, Prakirawan BMKG Tanjungpinang.

Peningkatan gelombang juga terjadi di perairan Kepulauan Riau lainnya. Di perairan Batam dan Karimun, gelombang rata-rata pada ketinggian antara 0,4 hingga 1,2 meter, Bintan antara 0,5 hingga 2 meter, dan Lingga antara 0,5 hingga 1,5 meter.

BMKG Tanjungpinang juga mencatat adanya peningkatan hembusan angin. Dalam beberapa hari terakhir, kecepatan angin berkisar antara 10 hingga 40 kilometer/jam dipengaruhi perbedaan tekanan udara di bumi bagian utara dan selatan.

Baca juga:

Tingginya kecepatan angin disebut Arditho berpengaruh terhadap curah hujan.

"Angin yang bertiup kencang memecah bentukan awan sehingga hujan yang terjadi cenderung tidak lama dan bersifat lokal," jelasnya.

Namun, dia memprediksi peningkatan ketinggian gelombang dan kecepatan angin ini sudah mulai berangsur mereda pada tiga hari kedepan.

"Namun tetap harus diwaspadai, khususnya terhadap pohon dan papan reklame saat angin berhembus kencang," pungkasnya.

Lihat juga:

Asikk3/kominfo.kepriprov
Editor: Tonang

loading...

0 komentar:

Post a comment