Menkeu: Jaga Integritas, Kepatuhan dan Efektifitas

Menkeu: Jaga Integritas, Kepatuhan dan Efektifitas
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada acara pelantikan empat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Inspektur) di lingkungan Itjen Kemenkeu di Aula Mezanine Gedung Djuanda pada Jum'at (31/01/20). (Photo: Kemenkeu/ip/hpy/nr)

Jakarta -- Forumpublik.com | Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati inginkan para pejabat Eselon II di lingkungan Inspektorat Jenderal (Itjen) yang baru dilantik agar dapat membantu para pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjaga integritasnya dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Hal tersebut disampaikan Menkeu dalam sambutannya pada acara pelantikan empat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Inspektur) di lingkungan Itjen Kemenkeu di Aula Mezanine Gedung Djuanda pada Jum'at (31/01/20).

"Inspektorat Jenderal sebagai aparat pengawasan internal dari Kemenkeu dan sekaligus juga pembina dari aparat pengawasan internal dari seluruh Kementerian/Lembaga begitu penting peranannya. Saya berharap perpindahan posisi dari keempat pejabat ini akan menambah dan meningkatkan semangat dan kreativitas Anda," harap Menkeu mengawali sambutannya.

Menkeu mengingatkan bahwa Kemenkeu sedang di dalam tugas membangun suatu bangunan tata kelola keuangan negara yang baik, akuntabel dan transparan, tata kelola yang dijalankan dengan sikap integritas dan profesionalitas, tata kelola yang dimana seseorang tidak boleh dan tidak harus memilih antara compliance dengan efektivitas.

"Tidak boleh siapapun kemudian di situasi sulit merasa saya harus comply dan tapi kalau comply tujuannya tidak tercapai atau saya untuk mencapai tujuan harus nerabas-nerabas supaya bisa tercapai tujuannya tersebut. Tantangan kita bagaimana membangun suatu tata kelola yang baik namun dia efektif untuk mencapai tujuan organisasi," pesannya.

Baca juga:

Menkeu menambahkan bahwa kinerja dari Inspektorat Jenderal sebagai tangan kanan Menteri Keuangan diandalkan untuk menjaga Menteri Keuangan dan seluruh jajaran Kementerian Keuangan untuk bisa menjalankan tugas sebagai bendahara negara dengan merasa aman, merasa ada partner yang reliabel dan merasa nyaman karena mengetahui di dalam Kementerian Keuangan ada Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang disegani dan kredibel untuk menjaga Kementerian Keuangan.

"Tentu ini adalah suatu harapan yang sangat tinggi tapi saya sangat percaya kepada seluruh tidak hanya empat pejabat Inspektorat Jenderal yang baru saja saya lantik namun juga seluruh pejabat eselon 2 Itjen di bawah kepemimpinan Ibu Sumiati," tutup Menkeu.

Lihat juga:

(Kemenkeu/ip/hpy/nr)
Editor: Tonang

loading...

0 komentar:

Post a comment