Lawan Bakteri Jahat hingga Cegah Kanker, Berikut Mamfaat Tinta Cumi

Lawan Bakteri Jahat hingga Cegah Kanker, Berikut Mamfaat Tinta Cumi
Ilustrasi. Mamfaat tinta cumu. (Foto: aily.jstor)

Jakarta - Forumpublik.com | Tinta cumi adalah bahan populer dalam masakan Mediterania dan Jepang. Cumi menghasilkan tinta sebagai mekanisme pertahanan. Bahan ini menambah warna hitam-biru-ungu yang berbeda dan rasa gurih yang kaya untuk hidangan.

Tinta cumi juga jadi bahan populer sajian masakan di sejumlah kawasan. Namun, tak cuma menambah rasa gurih, tinta cumi juga kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Tinta cumi dikenal juga sebagai tinta cephalopoda. Tinta ini berfungsi sebagai mekanisme pertahanan yang melindungi cumi dari predator dengan mengaburkan pandangan mereka.

Tinta ini mengandung banyak senyawa termasuk melanin, polisakarida, katekolamin, asam amino, dan masih banyak lagi.

Banyak orang telah menggunakan tinta cumi-cumi selama berabad-abad sebagai obat-obatan tradisional. Melansir Healthline, berikut manfaat tinta cumi-cumi untuk kesehatan.

1. Bersifat antimikroba
Penelitian menunjukkan, tinta cumi memiliki sifat antimikroba. Sifat ini membuat tinta ampuh menetralkan bakteri dan virus berbahaya. Salah satunya adalah menetralkan bakteri yang menyebabkan plak gigi.

2. Bersifat antioksidan
Beberapa penelitian menemukan bahwa tinta cumi-cumi bersifat antioksidan.

Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang ampuh melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Paparan radikal bebas yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko sejumlah penyakit kronis seperti kanker.

Sifat antioksidan pada tinta cumi-cumi berasal dari polisakarida.

3. Mengatasi tukak lambung
Tukak lambung merupakan kondisi munculnya luka pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung.

Beberapa penelitian menemukan, tinta cumi-cuma mampu mengurangi produksi asam lambung. Tingkat asam yang rendah dapat melindungi tubuh dari tukak lambung.

Baca juga:

4. Menurunkan tekanan darah
Sejumlah penelitian menunjukkan, tinta cumi-cumi mengandung senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi menjadi faktor risiko sejumlah penyakit seperti jantung dan stroke.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Sebuah studi pada hewan menemukan, tinta cumi-cumi memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Lihat juga:

(CNN/asr/asr)

0 comments:

Post a Comment