Kapolres Temukan Pelanggaran Kampanye Paslon di Teluk Binjai Dumai Timur

Kapolres Temukan Pelanggaran Kampanye Paslon di Teluk Binjai Dumai Timur
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H, saat menemukan adanya pelaksaan Kampanye Paslon yang diselenggarakan tanpa memiliki STTP, Surat Pemberitahuan Kepada Bawaslu Kota Dumai maupun Surat Rekomendasi Dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai serta tidak menerapkan Protokol Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Maklumat Kapolri Nomor: Mak/ 3 / IX / 2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020, di Jalan Panam Jaya Kelurahan Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur, Minggu (27/9/2020) sekira pukul 11.00 WIB. (Foto: Endy C-Dnst/Forumpublik.com)


DUMAI (RIAU) - Forumpublik.com | Memasuki Tahapan Kampanye dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020, Kepolisian Resor (Polres) Dumai bersama-sama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Dumai dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kota Dumai tak henti-hentinya menjaga pelaksanaan Pilkada Kota Dumai.

Hal ini dilakukan guna untuk agar berjalan Aman, Damai dan Sehat serta Menjaga Kamtibmas yang Kondusif demi terwujudnya Pembangunan Nasional dan Keutuhan NKRI.

Sebelumnya telah ditegaskan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), bahwa pelaksanaan Pesta Demokrasi kini sangatlah berbeda.

Presiden RI menekankan agar seluruh penyelenggara, peserta Pilkada 2020 dan masyarakat memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Kedisiplinan Penerapan Protokol Kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada harus dilakukan, ditegakkan dan tidak ada tawar menawar.

Bahkan Kemendagri pun telah menyiapkan sanksi bagi pemenang Pilkada yang terbukti melanggar Protokol Kesehatan.

Salah satunya adalah penundaan pelantikan sebagaimana UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Menindaklanjuti hal tersebut, Polres Dumai senantiasa melaksanakan patroli guna memberikan himbauan terkait Penerapan Protokol Kesehatan dan pengecekan ketempat-tempat akan diselenggarakannya Kampanye sesuai Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), Surat Pemberitahuan Kepada Bawaslu Kota Dumai maupun Surat Rekomendasi Dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai.

Patroli Gabungan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Resor Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H, menemukan adanya pelaksaan Kampanye Paslon di Jalan Panam Jaya Kelurahan Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Minggu (27/9/2020) sekira pukul 11.00 WIB.

Kapolres menyampaikan, hal ini yang diselenggarakan tanpa memiliki Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), Surat Pemberitahuan Kepada Bawaslu Kota Dumai maupun Surat Rekomendasi Dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai serta tidak menerapkan Protokol Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Maklumat Kapolri Nomor: Mak/ 3 / IX / 2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

Kapolres Temukan Pelanggaran Kampanye Paslon di Teluk Binjai Dumai Timur


Pantauan dilapangan, mendapati hal tersebut Polres Dumai bersama-sama KPU Kota Dumai, Bawaslu Kota Dumai dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai langsung membubarkan kegiatan Kampanye Dialogis tersebut.

Sementara Bawaslu Kota Dumai melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) akan segera melaporkan adanya pelanggaran tersebut untuk kemudian ditindaklanjuti oleh Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Pihak penyelenggara Kampanye tersebut telah dibawa ke Mapolres Dumai untuk diperiksa lebih lanjut sesuai perundang-undangan yang ada karena telah menyelenggarakan kegiatan dengan mengabaikan Protokol Kesehatan Covid-19.

“Polri khususnya Polres Dumai akan menindak tegas pelanggaran pelaksanaan Tahapan Pilkada Kota Dumai Tahun 2020 dalam rangka Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Masyarakat Kota Dumai serta mewujudkan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai yang Aman, Damai, Sukses, Tertib dan Kondusif,” tegas Kapolres Dumai.

Lihat juga:
Dua Pelaku Curat Diringkus Tim Opsnal Reskrim Polsek Sungai Sembilan dan Polres Dumai
34 Bapaslon Riau yang SAH Maju Pilkada Serentak 2021--2026, Selesai Tes Uji Kesehatan
Konsolidasi DPC Partai Gerindra Bersama Cawako dan Cawawako Dumai Periode 2021-2026, Berjalan Sukses
Peringatin HUT RI Ke-75, Polres Dumai Laksanakan Bakti Sosial Serentak
Kapolres Dumai Instruksikan Seluruh Jajaran Ikuti Protokol Kesehatan Covid-19

Penulis: Endy C-Dnst
Editor: Rianto

0 comments:

Post a Comment