Deklarasi dan Ikrar Netralitas ASN Upaya Mensukseskan Pilkada Kepri

Deklarasi dan Ikrar Netralitas ASN Upaya Mensukseskan Pilkada Kepri
Deklarasi dan Ikrar Netralitas ASN di lingkungan Pempro Kepri dalam upaya mensukseskan Pilkada Kepri pada Desember 2020. (Foto: Dok. Humas Kepri)

TANJUNGPINANG (KEPRI) - Forumpublik.com | Pelaksanaan Deklarasi dan Ikrar Netralitas Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri merupakan salah satu dari bentuk komitmen pemerintah Provinsi Kepri dalam upaya mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kepri pada Desember 2020.

Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Bahtiar Baharuddin mengatakan, pentingnya dilakukan Deklarasi dan Ikrar Netralitas ASN, adalah upaya mensukseskan Pilkada Kepri 2020. 

"Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Provinsi Kepri dalam menjalankan amanat Undang-undang, bahwa pegawai pemerintah baik itu ASN maupun non ASN untuk dapat bersikap netral dalam Pilkada," ujar Bahtiar, saat pelaksanaan apel Deklarasi dan Ikrar Netralitas ASN di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kepri, Senin (19/10/2020). 

Dijelaskan Bahtiar, sebagai pegawai pemerintah yang digaji menggunakan anggaran pemerintah pegawai wajib netral, tidak memihak manapun dan melayani siapapun.

"Sehingga melalui deklarasi Netralitas ASN ini, kita harapkan seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri dapat memahami dan mengerti hal itu, jangan sampai ada dijumpai pegawai yang tidak netral," tegas Bahtiar.

Baca juga: BPS Kepri Catat Ekspor September Naik, Capai US$1.028,46

Karena, lanjut Bahtiar, sudah jelas ada sanksi yang mengikat hal tersebut.

Disampaikannya juga bahwa deklarasi Netralitas ASN ini merupakan inisiasi pemerintah Provinsi Kepri khususnya Sekretaris Daerah Provinsi Kepri dan penyelenggara pilkada baik itu KPU Kepri dan Bawaslu Kepri.

"Guna menunjukkan bahwa pemerintah Provinsi Kepri berkomitmen tinggi dalam menciptakan suasana Pilkada Kepri yang netral, jujur, adil sesuai dengan ketentuan agar mensukseskan Pilkada Kepri 2020," jelas Bahtiar yang didampingi Sekda Kepri H TS Arif Fadillah, Ketua KPU Kepri Sriwati dan Komisioner Bawaslu Kepri Risnawati. (***)

loading...

2 komentar: