Pemprov Kepri Bakal Batalkan Izin Mudik Lokal Pasca Meningkatnya Kasus COVID-19

Pemprov Kepri Bakal Batalkan Izin Mudik Lokal Pasca Meningkatnya Kasus COVID-19
Ilustrasi. Sejumlah penumpang turun dari kapal laut usai melakukan perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. (Foto: ANTARA/A Malik Ibrahim/aa)

TANJUNGPINANG (KEPRI) - Forumpublik.com |
Pasca meningkatnya kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Kepri akhir-akhir ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) bakal kembali membatalkan izin mudik lokal bagi masyarakat Kepri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri H TS Arif Fadillah menyampaikan, bakal ada rencana Pemprov Kepri batalkan izin mudik lokal bagi masyarakat, yang dikarenakan akan peningkatan tajam kasus positif COVID-19 di Kepri.

"Mengingat kasus COVID-19 di Tanjungpinang dan Batam akhir-akhir ini meningkatkan tajam, kita akan kembali membuat Surat Edaran terkait pelarangan mudik lokal se Provinsi Kepri" ungkap Arif, i Tanjungpinang, Senin (26/4/2021).

Dikatakan Arif, sebelumnya pemerintah Provinsi Kepri memberikan izin untuk masyarakat Kepri untuk melaksanakan mudik lebaran ke daerah yang berada di provinsi Kepri atau mudik lokal.

Namun ,lanjut Arif melihat kondisi saat ini jumlah kasus COVID-19 di Provinsi Kepri terus meningkat sehingga dikhawatirkan akan terus bertambah pada saat mudik lokal nanti.

"Untuk itu , kita lihat kalau menjelang tanggal 6 kasus COVID-19 relatif menurun mungkin akan kita izinkan kembali namun jika masih meningkat ya kita larang," tegas Arif.

Baca juga: Satgas COVID-19: Enam Warga Tanjungpinang Meninggal Selama April 2021

Sementara itu, dikatakan Arif bagi masyarakat yang tetap akan bepergian ke luar daerah di Provinsi Kepri diwajibkan melakukan tes COVID-19 baik itu G-Nose ataupun Rapid Test dan Swab Antigen.

"Keseluruhan daerah tanpa kecuali diwajibkan tes COVID-19, tak hanya ke Anambas Natuna seperti sebelumnya namun ke Lingga, Karimun hingga Batam diwajibkan," jelas Arif.

Hal tersebut lanjut Arif dilakukan guna mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 lebih meningkat kembali di Provinsi Kepri.

Lihat juga:
Pemprov Larang Mudik Antar Provinsi, Hanya Izinkan Masyarakat Antar Pulau Se Kepri
Melalui Potensi Daerah, Musrenbang 2021 Difokuskan Peningkatan Ekonomi
Pasien COVID-19 di Tanjungpinang Meningkat Tajam Berdasarkan Hasil Tes Usap
Wawako Ingatkan Kolektivitas Kunci Keberhasilan Pencegahan Stunting
Cafe Penjual Mikol dan Gelper Dirazia Jelang Ramadhan

Editor: Firmanto

0 comments:

Post a Comment