Syarat Keberangkatan, Penumpang Transportasi Laut Wajib Tes COVID-19

Syarat Keberangkatan, Penumpang Transportasi Laut Wajib Tes COVID-19
Ilustrasi. Tim Medis Karantina Kesehatan Pelabuhan Ambon naik ke atas KM Dobonsolo untuk melakukan rapid test terhadap ABK kapal tersebut, Jumat (17/4/2020). (KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY)

TANJUNGPINANG (KEPRI) - Forumpublik.com | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) mewajibkan untuk seluruh penumpang transportasi laut yang menuju pulau-pulau di Provinsi Kepri menggunakan tes COVID-19 baik swab Antigen maupun G Nose sebagai persyaratan keberangkatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri H TS Arif Fadillah menyampaikan, hal ini dilakukan dikarenakan melonjaknya kasus COVID-19 di Kepri.

"Mengingat melonjaknya kasus COVID-19 di Provinsi Kepri saat ini sehingga kita harapkan semua transportasi laut menggunakan tes COVID-19 baik swab Antigen maupun G Nose," ungkap Arif, di Tanjungpinang, Senin (26/4/2021).

Baca juga: Pemprov Larang Mudik Antar Provinsi, Hanya Izinkan Masyarakat Antar Pulau Se Kepri

Tak hanya keberangkatan menuju Anambas dan Natuna saja , lanjut Arif persyaratan keberangkatan seperti Rapid Test dan Swab Antigen ataupun G Nose juga harus dilakukan untuk pemberangkatan ke Batam,Lingga serta Karimun.

"Mulai tanggal 6 hingga 17 Mei mendatang, semua keberangkatan transportasi laut menggunakan tes Covid, termasuk ke Batam," kata Arif.

Hal ini lanjut Arif, guna menekan angka penyebaran COVID-19 di Provinsi Kepri.Untuk itu, lanjut Arif pihaknya telah meminta Pelindo untuk menyiapkan tes COVID-19 khususnya G Nose di pelabuhan.

"Hal ini untuk memudahkan masyarakat mendapatkan tes COVID-19 di tempat keberangkatan,'' ujar Arif.

Lihat juga:
Melalui Potensi Daerah, Musrenbang 2021 Difokuskan Peningkatan Ekonomi
Pasien COVID-19 di Tanjungpinang Meningkat Tajam Berdasarkan Hasil Tes Usap
Wawako Ingatkan Kolektivitas Kunci Keberhasilan Pencegahan Stunting
Cafe Penjual Mikol dan Gelper Dirazia Jelang Ramadhan
Wako Batam Buka Sosialisasi UU Tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan

Editor: Firmanto

0 komentar:

Post a Comment