Tumbang Lawan Milan, Juventus Terancam Kehilangan Tempat di Liga Champions

Tumbang Lawan Milan, Juventus Terancam Kehilangan Tempat di Liga Champions
Skuad AC Milan merayakan gol di markas Juventus, Senin (10/5/2021) © La Presse via AP Photo

JUVENTUS - Forumpublik.com | Juventus kalah telak dari AC Milan dengan skor 0-3 pada laga pekan ke-35 Serie A, duel yang digelar di Allianz Stadium, Senin (10/5/2021) dinihari.

Hal ini membuat Juventus alias Si Nyonya Tua terancam kehilangan tempat Liga Champions setelah tumbang dari rival empat besar AC Milan, Minggu malam waktu setempat.

Milan unggul 1-0 pada akhir babak pertama lewat gol Brahim Diaz. Pada babak kedua, Milan mampu tampil bagus dan menambah dua gol melalui aksi Ante Rebic dan Fikayo Tomori.

Hasil ini membuat Milan berada di posisi ke-3 klasemen dengan 72 poin. Milan berada di zona Liga Champions. Sedangkan, Si Nyonya Tua berada di posisi ke-5 dengan 69 poin dan berada di zona Liga Europa yang berada satu poin dibawah Napoli.

Dalam pertandingan ini, Simon Kjaer kali ini tampil solid, yang jadi pemenang. Pemain asal Denmark mampu memberikan komando dengan apik untuk pertahanan Milan. Dia acap kali berada di posisi yang tepat untuk menghalau serangan Juventus.

Simon Kjaer melakukan enam kali sapuan, dua tekel, dan satu intersep. Dan, yang paling vital, Kjaer membuat pemain selevel Cristiano Ronaldo tidak punya banyak peluang mencetak gol.

Fikayo Tomori pemain pinjaman, memberi alasan bagi Milan untuk tidak ragu membelinya dari Chelsea secara permanen. Tomori tampil sangat solid di lini belakang. Dia membuat gawang Donnarumma nyaris tidak mendapat ancaman.

Juventus hanya mampu melepas satu shots on target sepanjang laga, lewat Ismael Bennacer pada babak pertama. Duet Tomori dan Simon Kjaer menjadi alasan Milan mampu mencatat nirbobol.

Baca juga: Hasil Liga Inggris: Skor 2-1, Chelsea Paksa Tunda Perayaan Gelar Man City

Brahim mencetak gol pembuka yang menakjubkan sebelum turun minum untuk membawa tim tamu unggul pada babak pertama.

Milan bahkan memiliki peluang menggandakan keunggulan itu pada menit ke-56 ketika tendangan penalti Franck Kessie dimentahkan oleh kiper Wojciech Szczesny.

Namun kegagalan itu tidak membuat Milan patah semangat. Justru pemain pengganti Ante Rebic melepaskan tembakan sempurna yang masuk gawang Juve pada 12 menit menjelang laga usai sebelum bek Tomori yang pinjaman dari Chelsea, menciptakan gol ketiga dari sundulan guna memastikan kemenangan penting Milan empat menit kemudian.

Dulu saling bersaing memperebutkan Scudetto, Juve dan Milan tampak seperti dua tim yang tidak yakin bakal finis empat besar pada babak pertama yang keduanya tampil gugup.

Selain sundulan yang dimuntahkan Giorgio Chiellini, Juve kesulitan menciptakan peluang, bahkan Cristiano Ronaldo tak biasanya pendiam sekali.

Brahim yang untuk pertama kalinya sejak Maret menjadi starter, memanfaatkan penampilan buruk lawan pada babak pertama setelah Szczesny tak cukup kuat mementahkan tendangannya ketika pemain pinjaman Real Madrid itu memasukkan bola ke sudut atas gawang.

Usai jeda, Juve membaik, dengan Ronaldo akhirnya melepaskan tembakan dari kaki kirinya tetapi tidak menemui sasaran.

Milan sendiri harus menarik keluar pencetak gol terbanyaknya musim ini, Zlatan Ibrahimovic, karena cedera.

Handball yang dilakukan Chiellini memberi kesempatan kepada Milan untuk menambah keunggulan setelah tinjauan VAR yang lama.

Namun Szczesny sukses mementahkan tendangan penalti tersebut yang merupakan penyelamatan penalti ketiga yang dilakukan kiper asal Polandia itu dari empat tendangan penalti terakhir yang dia hadapi dalam Serie A kala melawan Milan.

Ternyata, Rebic si pengganti Ibrahimovic yang justru secara efektif mengakhiri harapan Juve mendapatkan hasil baik dalam laga ini, sebelum Tomori memilih momen tepat untuk mencetak gol pertamanya bagi AC Milan.

Peluit akhir disambut dengan adegan perayaan yang heboh dari staf dan pemain Milan.

Itu merupakan kemenangan tandang dalam liga pertama mereka melawan Juve sejak Maret 2011 sehingga membuat Milan dalam posisi yang kuat untuk kembali masuk Liga Champions, demikian Reuters.

Editor: Rianto

0 comments:

Post a Comment