Kasdam XVII/Cenderawasih Hadiri FGD Bakohumas Provinsi Papua

Kasdam XVII/Cenderawasih Hadiri FGD Bakohumas Provinsi Papua
Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi mewakili Pangdam XVII/ Cenderawasih saat menghadiri kegiatan FGD Bakohumas Provinsi Papua dalam rangka terpeliharanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Provinsi Papua, yang dihadiri Wakapolda Papua Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto, S.IK, M.Si.,Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Pemprov Papua Dr. Drs Muhammad Musa'ad, M.Si. dan Dosen Komunikasi Universitas Muhammadiyah Papua Rhindia Yasminta Wasaraka, S.Kom., M.Si. bertempat di Hotel Aston Jayapura, Kamis (15/07/2021). (Foto: Dispenad/Forumpublik.com)

JAYAPURA (PAPUA) - Forumpublik.com | Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi mewakili Pangdam XVII/ Cenderawasih menghadiri kegiatan Focus Group Discussion(FGD) Bakohumas Provinsi Papua dalam rangka terpeliharanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Provinsi Papua, bertempat di Hotel Aston Jayapura, Kamis (15/07/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Jumat (16/7/2021), kegiatan FGD yang dilaksanakan tersebut, bertemakan "Strategi Komunikasi Bakohumas Guna Mendukung Percepatan Pembangunan di Papua".

Adapun sebagai Narasumber dalam diskusi yaitu Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Wakapolda Papua Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto, S.IK, M.Si., Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Pemprov Papua Dr. Drs Muhammad Musa'ad, M.Si. dan Dosen Komunikasi Universitas Muhammadiyah Papua Rhindia Yasminta Wasaraka, S.Kom., M.Si.

Kapolda Papua dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H., menyampaikan bahwa Bakohumas ini adalah keluarga besar kehumasan dari masing-masing Instansi dan lembaga yang ada di Provinsi Papua sehingga informasi-informasi dapat diketahui dan dipahami oleh masyarakat dan semua pihak.

"Untuk itu, kami dari Bakohumas ingin memberikan penguatan dalam rangka tugas- tugas agar lebih maksimal dan komunikasi lebih efisien. Sehingga saya berharap kepada para Narasumber dapat memberikan penguatan bagi Bakohumas maupun bagi seluruh peserta yang hadir pada hari ini," jelas Kabid Humas Polda Papua.

"Sebagai penguatan Bakohumas, pada hari ini kita juga akan launching Website Bakohumas Provinsi Papua," tambah Kabid Humas Polda.

Baca juga: Pangdam Cenderawasih Tutup Program TMMD Ke-111 di Wilayah Papua

Lebih lanjut, saat menyampaikan materinya, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi mengatakan bahwa kehadirannya untuk mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih yang akan menyampaikan strategi Bakohumas yang efektif bagi akselerasi pembangunan di Provinsi Papua dalam sebuah tinjauan dari sudut pandang pertahanan yang merupakan domain dari Kodam XVII/Cenderawasih.

"Perkembangan teknologi Informasi semakin pesat sehingga melihat dunia yang terkoneksi, keberadaan internet sudah menjadi kebutuhan, baik untuk mengakses dan membagi informasi, maupun untuk berkomunikasi dan bersosialisasi secara virtual dengan siapapun. Bahkan saat ini terdapat beberapa negara maju sudah menerapkan konsep yang berfokus pada manusia itu sendiri, yang diintegrasikan alam maya dengan alam fisik menjadi satu sehingga manusia dapat hidup lebih mudah, lebih praktis, lebih otomatis dan lebih nyaman," jelas Kasdam XVII/Cenderawasih.

"Dengan keberadaan perkembangan teknologi tersebut, banyak manfaat yang diperoleh, namun demikian informasi juga dapat menjadi masalah baru. Oleh karena itu, informasi harus dipahami dan diinterpretasikan melalui edukasi," tambah Kasdam XVII/Cenderawasih.

Kasdam XVII/Cenderawasih mengatakan banyak beredar informasi- informasi yang dimodifikasi dan banyak berita-berita yang sudah dipabrikasi sehingga timbul Hoax yang bertujuan merubah opini masyarakat ataupun publik.

"Ini berpotensi timbulnya fenomena baru terhadap kehidupan sosial. Bila hal ini tidak dikelola dan tidak diredam dengan baik akan menimbulkan konflik," jelas Kasdam XVII/Cenderawasih.

"Ini memerlukan koordinasi fungsi humas yang terkoordinir. Berkenaan hal tersebut, Kodam XVII/Cenderawasih mempedomani kebijakan dari Bapak Presiden RI, Panglima TNI dan Kasad untuk diimplementasikan, sehingga kami memberitakan dan memberikan pemahaman publik tentang pembangunan di Provinsi Papua, meningkatkan kemampuan dan menempatkan personel sesuai kompetensinya di bidang kehumasan," kata Kasdam XVII/Cenderawasih.

"Untuk Bakohumas perlu membuat strategi, meningkatkan sinergitas dengan pemangku kepentingan, diadakan forum secara periodik, harus memiliki payung hukum dan memiliki kejelasan penganggarannya, terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat, bekerja sama dengan media, serta memanfaatkan sarana prasarana media sosial yang ada," pungkas Kasdam XVII/Cenderawasih.

Lihat juga:
Instalasi Rumah Sakit Lapangan Modern RSPAD Mulai Beroperasi
Padat Karya Tunai Kementerian PUPR Hingga Kuartal II 2021 Serap 755.816 Tenaga Kerja
Investasi Sektor Infrastruktur Kunci Pemulihan Ekonomi Global, Indonesia Dukung Agenda Kepresidenan G20 Italia
Sri Mulyani: Pendapatan Negara Semester I Tahun 2021 Tumbuh 9,1 Persen
PPKM Darurat, BPP Perkomnas: COVID-19 Tak Bisa Diajak Kompromi

Editor: Firmanto

0 komentar:

Post a Comment