Minggu Ini Penerima Bansos Tunai dan PKH Akan Menerima 10 Kg Beras Tambahan

Minggu Ini Penerima Bansos Tunai dan PKH Akan Menerima 10 Kg Beras Tambahan
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: Pradita Utama/detikcom)

JAKARTA - Forumpublik.com | Pemerintah keluarkan kebijakan terbaru terkait Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH), untuk 10 juta penerima akan menerima tambahan beras sebanyak 10 kilogram.

Beras tambahan bagi penerima Bantuan Sosial (Bansos) akan disalurkan Perum Badan Urusan Logistik (BULOG).

“Penerima BST dan PKH menerima beras sebanyak 10 kilogram yang disalurkan oleh pihak BULOG, bukan oleh Bank,” ujar Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melansir dari situs Kementerian Sosial (Kemensos), Jumat (9/07/2021).

Risma mengatakan, Bansos Tunai bulan Mei-Juni disalurkan sekaligus, yaitu Rp600 ribu.

"Penyaluran Bansos Tunai dilakukan melalui PT Pos Indonesia, sedangkan PKH akan disalurkan melalui Himpunan Bank-bank Negara (Himbara), serta beras melalui Perum BULOG," terang Risma.

Baca juga: Menkominfo: Implementasi 5G Perkuat Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Lebih lanjut, Mensos menyampaikan, pembaruan data penerima Bansos Tunai di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sudah selesai sejak akhir pekan lalu dan siap digunakan untuk penyaluran.

“Penyaluran sudah dimulai sejak pekan lalu secara bertahap usai dilakukan pembaruan DTKS. Prioritas penyaluran BST di daerah yang menerapkan PPKM Darurat dan tempat lainnya dengan memanfaatkan teknologi, jadi tinggal ‘klik’ saja,” tandasnya.

Bansos segera dicairkan pada minggu ini, paling lambat pertengahan Juli, agar segera membantu masyarakat sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini dilakukan seiring diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang dimulai tanggal 3-20 Juli 2021.

Sebagai informasi, alokasi anggaran untuk 10 juta penerima Bansos Tunai senilai Rp6,1 triliun. Sedangkan untuk 10 juta penerima PKH senilai Rp13,96 triliun.


0 comments:

Post a Comment