Workshop Pembinaan Jabatan Fungsional Analis Pertahanan Negara, Rangka Mendukung Kinerja Kemhan

Workshop Pembinaan jabatan Fungsional Analis Pertahanan Negara, Rangka Mendukung Kinerja Kemhan
Karopeg Setjen Kemhan Brigjen TNI Aufit Chaniago, S.IP, memberikan sambutan pada pembukaan Worshop Jabatan Fungsional Analis pertahanan Negara, di Gedung Pierre Tendean Lt 9, Jalan Merdeka Barat No.13-14 Jakarta Pusat. Selasa (8/05/2021).(Foto : Sitho/Forumpublik.com)

JAKARTA - Forumpublik.com | Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan), Brigjen TNI Aufit Chaniago, mengatakan bahwa Kedudukan jabatan fungsional dalam Undang-Undang ASN dan PP Manajemen PNS diatur secara jelas dan tegas, dimana jabatan fungsional adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu.

"Jadi dengan demikian, posisi dan peran dari jabatan fungsional ini strategis sebagai kelompok jabatan yang berfungsi mendukung optimalisasi pelaksanaan tugas," papar Aufit Chaniago, pada pembukaan Workshop Pembinaan Jabatan Fungsional Analis Pertahanan Negara Dalam Rangka Mendukung Kinerja Kementerian Pertahanan, di Gedung Pierre Tendean Lt 8 dan 9, Jalan Merdeka Barat No.13-14 Jakarta Pusat, Selasa (8/6/2021).

Ia menjelaskan, salah satu Jabatan Fungsional yang ada di Kemhan adalah Jabatan Fungsional Analis Pertahanan Negara (APN) . Sebagai jabatan yang strategis maka perlu selalu meningkatkan pengetahuan dan wawasan sehingga dapat memberikan masukan kepada pimpinan dalam pengambilan keputusan.

Pada kesempatan tersebut, Aba Subagja dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengatakan, dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme bagi pejabat fungsional Analis Pertahanan Negara, maka tepat sekali kalau Workshop kali ini dilaksanakan dengan beberapa topik pembahasan.

"Penilaian angka kredit Jabfung APN, yang berkaiatan dengan jenjang karier Jabatan Fungsional, pengajuan Daftar Usulan Angka Kredit (DUPAK), yang masih terjadi perbedaan pemahaman dalam kategori kelompok utama dan pengembangan profesi serta unsur penilaian dan sebagainya," ucap Aba Subagja.

Baca juga: Kasus Korupsi Bansos COVID-19, Perusahaan Kembalikan Rp1,6 M ke Negara

Ketua PAPN Drs. Koesniadi, M.Si mengingatkan akan Refleksi dan Proyeksi Jabatan Fungsional APN.

"Kepada seluruh pejabat Fungsional APN untuk melihat sejauh mana keberadaan dan kontribusi yang telah diberikan oleh pejabat Fungsional APN serta kendala- kendala yang dihadapi serta solusi apa yang harus dilakukan ke depannya dalam peningkatan kompetensi dan kontribusi terhadap pertahanan negara," ucap Koesniadi.

Pada kesempatan tersebut, Sekretais PAPN Alwin Supriyadi menyampaikan, Manajemen Kinerja Jabfung APN, hal ini berkaitan bagiaman cara menyusun dan penilaian terhadap Sasaran Kinerja Pegawai Jabatan Fungsional APN.

"Keberadaan Jabatan Fungsional APN di Kementerian Pertahanan ini telah ada sejak 2016, bahwa sampai saat ini pejabat Fungsional APN belum mendapatkan tunjangan jabatan, semoga dengan workshop ini akan mendorong pemerintah khususnya BKN untuk segera memprosesnya, sehingga akan memberikan motivasi dan peningkatan kinerja bagi para pejabat Fungsional APN," harap Alwin Supriyadi.

Kegiatan workshop ini selain meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pemahaman bagi Pejabat Fungsional APN maka juga sebagai ajang silahturahmi serta pelepasan bagi pejabat Fungsional APN yang telah purna tugas, sebagai penghargaan juga diberikan tanda kasih dan kenangan kepada para pejabat Fungsional APN yang telah purna tugas (pensiunan). Akhirnya ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

Lihat juga:
Jadi Mafia Tanah, Menteri Sofyan Djalil Pecat Pegawai BPN dan Kakanwil Jaktim
Menteri PUPR Usulkan Bantuan Subsidi Perumahan Rp28,2 T pada 2022
Panglima dan Kapolri Beri Arahan Khusus pada Anggota TNI-Polri yang Bertugas di Papua
Audiensi Dengan Mendes PDTT, Kapolri Pastikan Pendampingan Edukasi Dana Desa
Kapolri Minta PT Freeport Aktif Berpatisipasi Membangun Papua
Respon Cepat Aduan Masyarakat, Kapolri dan Panglima TNI Luncurkan Hotline 110

Penulis: Shito
Editor: Rianto

0 comments:

Post a Comment